LENSAINDONESIA.COM: Kabut Cemoro Sewu berpadu apik dengan warna-warni seragam yang dikenakan oleh petugas gabungan dari Polres Magetan, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan yang tengah berjaga di Pos Check Point Penyekatan antar Provinsi.

Tepat di Hari Raya Idul Fitri 1442 H hari ini, Kamis (13/5/2021), Penjagaan dan penyekatan dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2021 tetap secara ketat digelar di Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Cemoro Sewu merupakan perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dari pantauan Lensaindonesia.com di lokasi, terlihat para petugas dengan sigap menghentikan kendaraan, kemudian dengan ramah, mereka melakukan pemeriksaan syarat dan kelengkapan para pengguna jalan yang hendak melintas di perbatasan Jawa Timur tersebut. Sejumlah besar kendaraan diminta untuk putar balik, hanya sebagian yang dipersilakan untuk melintas.

Dari keterangan yang berhasil kami himpun saat sejenak berbincang dengan sejumlah petugas, ada penurunan aktifitas masyarakat yang mencoba melintas di perbatasan Cemoro Sewu dibanding hari-hari sebelumnya.

Sejak pergantian shift jaga pukul 08.00 – 11.30 WIB hari ini, tercatat telah dilakukan pemeriksaan terhadap 30 kendaraan roda dua, dengan 18 kendaraan putar balik. Selanjutnya, terdapat 40 kendaraan roda empat berpenumpang, 25 diantaranya harus putar balik. Sedangkan untuk mobil barang sebanyak 4 kendaraan, dan 2 diantaranya putar balik.

Penyekatan di perbatasan Provinsi Jawa Timur ini digelar untuk membatasi masyarakat melakukan perjalanan lintas daerah guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dimasa Lebaran tahun 2021 ini.

Kabut Cemoro Sewu kian pekat, seakan ingin menemani kesepian hati para petugas yang harus rela jauh dari keluarga di hari yang fitri ini, mengemban tugas negara demi keselamatan masyarakat di masa pandemi ini.

Masih jelas terngiang di telinga Lensaindonesia.com saat beranjak meninggalkan Cemoro Sewu, “Minal aidin wal faizin ya. Yang penting tetap semangat, baik petugas ataupun wartawan, kita sama-sama harus jauh dari keluarga karena mengemban tugas untuk masyarakat,” ucap salah seorang petugas. @Limad