LENSAINDONESIA.COM: Seakan sudah menjadi sebuah tradisi jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia memenuhi pusat-pusat pembelanjaan, baik pasar tradisional maupun modern (supermarket, mal, dan lain-lain), belanja berbagai kebutuhan untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Selain itu, masing-masing pusat perbelanjaan yang menawarkan banyak program spesial belanja, semakin menarik minat masyarakat untuk berbelanja.

Sehingga tak mengherankan, apabila jumlah pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan mengalami peningkatan signifikan, pada masa Lebaran seperti saat ini.

Tak terkecuali di Kota Madiun, terjadinya lonjakan pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan pada momen Lebaran menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun. Berbagai langkah antisipasi dilakukan, supaya tidak terjadi kerumunan dan antrian panjang ketika transaksi jual beli, mengingat situasi saat ini masih di tengah Pandemi Covid-19.

Wali Kota Madiun Maidi menginstruksikan kepada seluruh Manajemen Mall yang ada di Kota Madiun untuk memperpanjang durasi jam buka Mall selama masa Lebaran. Instruksi tersebut dimaksudkan guna mengurangi kepadatan pengunjung yang ada di dalamnya.

“Kita sangat menyambut dengan gembira apa yang telah diinstruksikan oleh Bapak Wali Kota bahwa kita akan buka lebih awal dari jam 8 pagi hingga 11 malam, untuk mengurangi kepadatan pengunjung yang ada,” ungkap Andreas Nugroho, Mall Manager Lawu Plaza, Kota Madiun.

Tak lupa pihak manajemen melalui petugas dengan pengeras suara, selalu menghimbau untuk jaga jarak, memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ke dalam Mall. Prokes tetap diberlakukan dengan ketat dan pihak Mall akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk, hingga 200 orang.

Di sejumlah lokasi keramaian ataupun dengan berkeliling Kota Madiun, pihak Kepolisian, TNI, SatPol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, serta sejumlah institusi terkait selalu melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, untuk tetap mematuhi prokes secara ketat.

“Polsek Kartoharjo setiap hari keliling ke tempat keramaian, seperti di Mall Plaza turut menghimbau pengunjung untuk memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” jelas Iptu Rusminto, Kanit Reskrim Polsek Kartoharjo kepada Lensaindonesia.com, Rabu (12/5/2021).

“Dan untuk selalu tertib protokol kesehatan Covid-19 agar dapat memutus mata rantai penyebarannya di kota Madiun,” tambah Ketua Regu Pemantauan Covid-19 Kota Madiun tersebut. @Limad