LENSAINDONESIA.COM: Pos Check Point Penyekatan antar Provinsi – Cemoro Sewu, Jawa Timur semakin memperketat penjagaan, Sabtu (15/5/2021). Di sisa libur Lebaran 2021 ini, jumlah warga masyarakat yang hendak melintasi perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, selama berlangsungnya Operasi Ketupat Semeru 2021.

Dari pantauan Lensaindonesia.com di lokasi, terlihat para petugas gabungan Polres Magetan, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan sejumlah institusi terkait, dengan sigap menghentikan kendaraan, kemudian melakukan pemeriksaan syarat dan kelengkapan para pengguna jalan, sebelum diijinkan atau tidak untuk melintas perbatasan. Pemeriksaan ini dilakukan dua arah, baik kendaraan dari Jawa Tengah yang hendak masuk ke Jawa Timur, ataupun sebaliknya dari Jawa Timur menuju ke Jawa Tengah.

Kombes Andi Syahriful Taufik berbincang dengan petugas kesehatan di Pos Penyekatan Cemoro Sewu.

“Bagi warga masyarakat yang hendak melintasi perbatasan, silahkan menunjukkan kelengkapan surat-surat seperti yang telah ditentukan oleh pemerintah,” kata salah seorang petugas melalui pengeras suara. “Bagi yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-suratnya, mohon maaf dan dengan terpaksa, yang dari Jawa Timur akan kami putar balik ke Jawa Timur, dan yang dari Jawa Tengah akan kami kembalikan ke Jawa Tengah,” tambahnya.

Di akhir minggu yang masih dalam suasana Idul Fitri 2021 ini, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jatim Kombes Pol. Andi Syahriful Taufik, S.I.K., M.Si. melakukan kunjungan dan pemantauan langsung di Pos Penyekatan Cemoro Sewu tersebut. Didampingi oleh Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, Andi terlihat berbincang langsung dengan petugas kesehatan, serta pengguna jalan yang hendak melakukan tes Rapid. Selain itu, dalam kunjungannya tersebut, Andi juga menyempatkan diri untuk ikut melakukan pemeriksaan syarat dan kelengkapan sejumlah pengendara yang hendak masuk ke Jawa Timur.

Menurut data berhasil dihimpun, Sejak pergantian shift jaga pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, tercatat petugas sudah memutar balikkan 80 kendaraan R4, dan 58 kendaraan R2. Selain itu, tercatat 17 orang yang melakukan tes Rapid Antigen, yang kesemuanya dinyatakan negatif.

Diperkirakan, puncak aktifitas pengguna jalan di Kawasan Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan ini akan terjadi esok hari, Minggu (16/5/2021). @Limad