LENSAINDONESIA.COM: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) dapat menekan laju Covid-19.

Dengan temuan bahwa sekitar 1,5 juta masyarakat nekat mudik saat Lebaran tahun ini harus menjadi perharian bersama. Airlangga pun meminta pemerintah daerah untuk memperketat pelaksanaan PPKM mikro dalam mengatasi masalah tersebut.

“Data dari pak Menhub bisa dijelaskan data awal dikatakan yang mudik 7 persen sekitar 17 juta, namun dengan operasi ketupat dan penyekatan yang dilakukan, data kemenhub mengatakan sekitar 1,5 juta yang memaksa mudik,” ujar Airlangga dalam acara Talkshow bertajuk Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

“Tentunya kebijakan diambil dengan memperketat PKPM Mikro,” tegasnya menambahkan.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Airlangga menjelaskan, PPKM mikro efektif menekan lonjakan penularan Covid-19 selama masa liburan dan Lebaran.

“Dengan PPKM Mikro diharapkan mereka yang terdampak atau di tes positif bisa dilakukan isolasi di daerah masing-masing,” terang Airlangga.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun