LENSAINDONESIA.COM: Malam di penghujung libur Lebaran 2021, petugas gabungan dari Polres Madiun Kota, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan sejumlah institusi terkait, melakukan razia pada pengguna jalan yang tengah melintas di Simpang Empat PG. Rejoagung (Pos Lalu Lintas 902) Kota Madiun, Minggu (16/5/2021).

Dari pantauan langsung Lensaindonesia.com di lokasi, dalam gelar kegiatan yang dimulai pukul 21.00 WIB itu, petugas memberhentikan dan melakukan pemeriksaan pada pengguna jalan yang hendak keluar dan masuk Kota Madiun, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan arus balik untuk memastikan pengguna jalan yang akan memasuki wilayah lain,” ujar salah seorang petugas yang tidak bersedia untuk disebutkan namanya. “Dalam kegiatan ini, kita lakukan razia, kita periksa, lalu kita swab, tujuannya supaya betul-betul pergerakan warga masyarakat ini terbebas dari Covid-19,” terangnya.

Seakan tak mau kecolongan, sejumlah petugas dengan sigap menghentikan sebuah bus pariwisata yang melintas menuju arah Kabupaten Madiun, kemudian para petugas tersebut masuk ke dalam bus untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang.

Selain itu, petugas juga melakukan tes swab secara random (acak) kepada pengguna jalan yang menggunakan kendaraan dengan plat nomor luar daerah Madiun. Tes swab ini diberikan secara gratis, karena bentuk kerjasama antara Polri dan Dinas Kesehatan.

Dari informasi yang berhasil kami himpun, selama pelaksanaan operasi penyekatan, hingga saat berita ini diturunkan, petugas tidak mendapati adanya pengguna jalan yang melintas di wilayah Kota Madiun dengan hasil tes swab reaktif atau positif Covid-19. @Limad