LENSAINDONESIA.COM: Ratusan massa yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Pemudi Pejuang Islam Indonesia (P4II) di Surabaya menggelar aksi demonstrasi mengecam agresi militer Israel terhadap membela Palestina.

Dalam demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur itu, massa P4II berorasi sambil mengibarkan sejumlah bendera Palestina serta membentangkan poster bertuliskan dukungan bagi Palestina.

Massa P4II juga melakukan aksi menginjak-injak bendera Israel sebagai bentuk kecaman atas aksi tak manusiawi yang militer negara zionis itu.

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan P4II Aksi Bela Palestina Mila Mahmudah mengatakan, pertikaian dua negara tersebut disinyalir akan terus bergejolak jika kedaulatan Palestina sebagai negara tak kunjung diakui oleh sebagian negera di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan kemanusiaan dan peri keadilan,” kata dia dalam orasinya diatas mobil pikap, Senin (17/05/2021).

Tujuan diadakannya aksi sebagai bentuk dukungan murni kemanusiaan, agar Palestina segera mendapatkan kedaulatannya dalam berbangsa dan bernegara.

Mengingat saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19, Mila mengaku tak dapat membawa massa yang banyak. Dia juga mengklaim jika aksi yang membawa sedikitnya 100 massa menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami mendukung Palestina untuk merdeka dan berdaulat. Karena pandemi, kami batasi 100 orang saja,” tuturnya usai melakukan orasi.

Di Surabaya, kata Mila, aksi hanya dilakukan sehari saja. Kendati demikian, akan ada aksi serupa apabila keinginan masyarakat yang pro terhadap Palestina tak didengarkan dan agresi militer Israel masih gencar dilakukan.

“Untuk (aksi kemanusiaan) kami sehari, tapi Insyaallah ada beberapa rekan lagi yang akan melakukan aksi lagi. Kita bukan atas nama ormas, ini atas nama pribadi,” tambahnya.

Melalui aksi ini, Mila berharap pemerintah melakukan gerak cepat dengan turun tangan membantu Palestina, dengan langkah-langkah yang penuh ketegasan. Sehingga, Palestina dapat meraih kemerdekaannya dan agresi militer Israel yang terus memakan korban jiwa dapat segera dihentikan.

“Pemerintah harus lebih tegas, harus lebih menginisiasi untuk memperjuangkan Palestina untuk merdeka. Seperti yang Bung Karno dan presiden-presiden sebelumnya minta, Indonesia akan terus bersama Palestina selama masih dijajah Israel,” pungkasnya.@wendy