LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta pemerintah daerah atau Pemda terus meningkatkan himbauan protokol kesehatan dan peningkatan pelacakan terhadap pasien Covid-19 melalui 3 T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan).

Hal tersebut menyusul ditemukan dua mutasi baru virus Corona di Jawa Timur.

“Minggu lalu kita ketemu lagi dua mutasi baru, dua-duanya terjadi di Jawa Timur yang merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia,” ujar Budi Sadikin saat konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

Setelah diteliti lebih jauh, Menkes menjelaskan, bahwa dua mutasi virus tersebut teridentifikasi berasal dari Afrika Selatan dan yang lainnya dari London.

Budi Gunadi menjelaskan bahwa terkait virus yang bermutasi tersebut penularannya lebih cepat ketimbang dengan virus sebelumnya. Sebab itu, Menkes terus mengimbau seluruh masyarakat agar tetap terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara berkala saat beraktivitas guna menghindari terjadinya penularan.

Selain itu, bagi petugas publik yang daerahnya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, agar semua peraturan di dalamnya ditegakkan.

“Demikian juga testing dan tracingnya. WHO sudah memberikan guidance bahwa setiap unit terkecil harus minimal 1 per 1.000 orang ditesting per minggu,” terang Budi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun