LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun terus menggencarkan sektor pariwisata dengan menciptakan berbagai icon dan tempat wisata baru. Selain itu, Pemkot juga berupaya menggandeng para pelaku UMKM Kota Madiun, salah satunya dengan memfasilitasi lapak kontainer khusus untuk memasarkan hasil produk mereka, serta mewadahi berbagai komunitas yang ada di Kota Pendekar ini.

Salah satu komunitas tersebut adalah Gemstone Community Madiun, yang beranggotakan para pecinta Batu Akik (Gemstone), Keris dan Barang Antik lainnya.

Komunitas yang sudah berusia 5 tahun ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang batu akik. Sehingga mengurangi terjadinya jual beli batu akik palsu. Selain itu, komunitas yang memusatkan kegiatannya di Pasar Besar Madiun Lt. 2 sisi timur tersebut, melayani transaksi jual beli batu akik, hingga pembuatan emban (cincin) sesuai permintaan pelanggan. Tak hanya itu, disini juga tersedia batu akik premium beserta kelengkapan surat-suratnya.

“Pasar merupakan sentra nadi perekonomian di mana pun, makanya kami juga mengambil peran penting di Pasar Besar Madiun, karena bagaimana pun juga kita bagian dari masyarakat yang ikut menggerakkan perekonomian,” ujar Soni, Wakil Ketua Gemstone Community Madiun, Minggu (16/05/2021).

Sony juga menjelaskan, keberadaan komunitas ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Madiun di sektor pariwisata, serta sebagai sebuah bentuk dukungan masyarakat kepada Pemkot Madiun agar terealisasi tempat wisata belanja yang komplit atau One Stop Shopping. @Limad