LENSAINDONESIA.COM: Hantu pocong bertebaran di mall-mall di Kota Malang. Tapi, sejumlah pocong tersebut bukan hantu sungguhan, mereka adalah para anggota polisi yang bertugas mengkampanyekan protokol kesehatan (Prokes).

Kapolresta Malang Kota (Makota), Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, keberadaan hantu pocong tersebut merupakan kiat dari jajaran Polresta Malang Kota dalam mencegah penularan COVID-19.

“Polresta Makota sengaja membikin hantu pocong masuk mal untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya penerapan Prokes COVID-19,” ungkap Kombes Pol Leonardus Simarmata yang didampingi Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Anggi Khrisna, Minggu (23/05/2021).

Leonardus Simarmata menyampaikan, saat ini hantu-hantu pocong itu ditebar di beberapa mall yang ada di Kota Malang. Seperti di pusat perbelanjaan Mall Olympic Garden (MOG), Mitra Departemen Store. Selain itu di  sekitar Alun-alun Kota Malang, Hotel Trio 2 dan lain-lain.

“Tujuannya untuk mengingatkan warga agar selalu melakukan Prokes COVID-19. Sehingga kasus COVID-19 itu tak semakin menyebar,” katanya.

Dijelaskan dia, bahwa sosialisasi cara unik tersebut merupakan ide kreatif Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta.

“Ini satu terobosan atau ide kreatif yang digagas Bapak Kapolda Jatim. Tujuannya agar kita tidak lengah.

Itu mengingat, kasus COVID-19 masih belum berhenti. Sehingga harus ada langkah terobosan yang bisa mendapat perhatian khusus warga.

Caranya, bikin teatrikal hantu pocong masuk mal atau pusat perbelanjaan,” papar Leonardus Simarmata.

Beberapa anggota Satlantas dirias bak pocong. Hantu-hantu pocong itu membawa keranda jenazah dan poster.

Keranda dan poster itu  bertuliskan “Hobi Keluyuran Malah Diangkat Ke Kuburan”. Ada juga poster bertuliskan “Ayas Ketam Kadit Percoyo COVID-19″ yang dibawa anggota yang dijadikan pocong itu.

Selama berada di dalam mall, para hantu pocong yang berkeliling mall dari lantai satu hingga lantai atas itu menghampiri warga yang berkerumun. Bahkan sesekali berbincang dan berdialog dengan pengunjung mall.

Kampanye Prokes COVID-19 dengan hantu pocong ini mendapat apresiasi dari masyarakat pengunjung mall. Karena itu, hantu pocong yang dipimpin langsung Kapolresta Makota Leonardus Simarmata itu pun sering diajak pose atau selfi para pengunjung.

Bahkan, banyak anak-anak yang minta foto bareng dengan hantu pocong tersebut.

Para pengunjung lain tak sedikit yang juga memotret moment itu.

Menurut Kapolresta Leonardus Simarmata, aksi ini semata untuk mengingatkan kepada warga bahwa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung penting diwaspadai sebab dapat menyebabkan kematian pada siapapun yang terpapar.

Karena itu, giat serupa akan terus dilakukan di sejumlah pusat keramaian.  Sehingga, seluruh lapisan masyarakat sadar untuk selalu menerapkan Prokes COVID-19.@aji 

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun