LENSAINDONESIA.COM: Ketua Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) Jawa Timur, dr Agung Mulyono menyatakan kesiapannya maju dan mendaftar sebagai calon Presidium KAHMI Jawa Timur di MUSWIL V KAHMI Jatim periode 2021-2026.

Mewakili pengusaha, dr Agung mengaku akan berkomitmen akan berupaya mewujudkan iklim dunia usaha khususnya UMKM di Jawa Timur bangkit dan maju. Terlebih di tengah pandemi saat ini, dunia usaha sangat terpukul dampak dari pandemi Covid-19.

“Sehubungan saya berangkat dari pengusaha (Ketua HIPKA Jatim), tentunya saya akan membangkitkan dunia usaha di Jatim,” tutur dr Agung, Senin (24/5/2021).

KAHMI di Jatim ke depan, menurut dr Agung, harus memetakan kembali pelaku usaha khususnya UMKM di Jawa Timur yang jumlahnya begitu besar, karena UMKM sebagai pelaku usaha yang sangat berpengaruh pada perekonomian saat ini.

“Jadi, UMKM yang jumlahnya ribuan akan kita petakan, berapa yang survive, berapa yang growth dan bahkan berapa yang tidak survive terutama akibat pandemi (Covid-19) saat ini. Harus didorong ke arah profitabilitas, sehingga tumbuh dan berkembang baik” terangnya

Langkah kemudian, lanjut dr. Agung, juga diperlukan kerja sama dengan pemerintah agar program bisa mempercepat proses pemulihan di dunia usaha, memperkuat kembali perekonomian. “Kita akan bersinergi dengan pemerintah,” tegas dr. Agung.

Selain itu, Agung juga menjelaskan, bahwa KAHMI sebagai wadah silahturahmi alumni HMI, harus terus merawat, menjaga dan memperluas jejaring agar tetap eksis dalam berperan untuk memberikan kemanfaatan bagi bangsa khususnya masyarakat Jatim.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) di Jawa Timur yang harus diselesaiakan dalam memperkuat dan membangun Jawa Timur lebih maju.

“Jika KAHMI berdaya akan banyak hal yang bisa dilakukan untuk masyarakat Jatim, apalagi bisa bersinergi dengan pemerintah,” tutur dr. Agung.

“Karena KAHMI dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan,” pungkasnya menambahkan.

Diketahui, KAHMI Jawa Timur akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) V KAHMI Jatim periode 2021-2026 yang akan digelar di Sarangan, Magetan pada 28-30 Mei 2021.@licom