LENSAINDONESIA.COM: Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang menginisiasi penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tentang kerja sama pembangunan daerah pada tiga Pemerintah Daerah (Pemda) di Malang Raya yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Kepala Bakorwil III Malang Sjaichul Ghulam mengatakan, bahwa MoU yang dilaksanakan di Gedung Arjuno Bakorwil III Malang ini bertujuan untuk sinergi membangun kebersamaan. “(MoU) Itu sebagai dasar sinergi tiga daerah di Malang Raya ini dalam mengatasi semua persoalan,” jelas dia, Sabtu (29/05/2021).

Menurut Sjaichul Ghulam, membangun sinergi kebersamaan itu merupakan kunci keberhasilan dalam menangani permasalahan, termasuk yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi dan memerangi pandemi COVID-19.

“Intinya begini, kita tahu Malang Raya ini lokasinya berdempet-dempetan. Apapun Kebijakan yang berkaitan di Malang Raya ini harus diketahui kepada daerah yang ada di Malang Raya. Artinya MoU ini menjadi dasar kerjasama-kerjasama lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengaku lega dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman untuk mewujudkan Malang Raya maju bersama tersebut.

“Sinergi membangun kebersamaan itu  diapresiasi Presiden. Sebab, pembangunan daerah akan mudah diselesaikan,” ujar dia.

Wali Kota  yang akrab disapa Sam Aji ini menjelaskan bahwa sinergi pembangunan daerah ini selaras dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) no 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah.

Untuk itu, kata dia, sinergitas ini akan menjadi dasar agar membawa manfaat dalam pembangunan Malang Raya kedepannya. Terutama dalam pemulihan ekonomi dan memerangi pandemi COVID-19.

“Sinergi ini harus dikuatkan bukan hanya sinergi pembangunan. Sinergi bagaimana penguatan UMKM, kebijakan-kebijakan daerah dalam pemulihan ekonomi daerah, memerangi pandemi COVID-19 dan seterusnya,” tambah Sutiaji.@aji
#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun