LENSAINDONESIA.COM: Silaturahmi Bupati Jombang dengan Keluarga Besar Dinas Kesehatan Angkatan Udara dan Satradar 222 Ploso dalam rangkaian acara Flying Specialist Ceramah Kesehatan dan pelaksanaan Vaksinasi Influenza digelar di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang, Kamis (03/6/2021).

Komandan Satradar 222, Letkol Lek Yudi Amrizal, S.ST, MM yang hadir bersama tim Flying Specialist, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jombang terutama Bupati Hj Mundjidah Wahab yang telah berkenan membuka kegiatan layanan pemeriksaan antigen/swab antigen Covid-19 dan Vaksinasi Influenza dijajaran TNI AU Satradar 222.

Dipaparkan, Kasubdisyankes, Kol. Kes dr. M. Roikhan Harowi Sp.THT, M. Kes yang hadir menyampaikan materi Perkembangan Covid19 dan Vaksinasi di Lingkungan Angkatan Udara bahwa kegiatan Ceramah Kesehatan dan pelaksanaan Vaksinasi Influenza adalah sebagai bentuk tanggung jawab pembinaan kesehatan dijajaran TNI AU.

“Biasanya, kita datang memberikan pelayanan kesehatan. Namun, dimasa lebih pada memberikan upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan ceramah kesehatan dan vaksinasi influenza ini dilaksanakan setiap tahun. Sebagaimana tuntutan global, TNI AU harus selalu siap dan sehat dalam menjaga Negara,” bebernya.

Kol Kes. dr Roikhan menjelaskan vaksin influenza ini diberikan setiap 1 tahun sekali, karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang. Virus ini menyebar melalui percikan air ludah atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus.

“Penyakit ini menyerang saluran pernafasan, gejala berupa batuk kering, demam, sakit kepala, pilek, nyeri otot dan lemas. Gejala bisa sangat parah, bahkan menyebabkan kematian,” terangnya.

Sementara, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengapresiasi kepada Komandan Satradar 222 Ploso di Kabuh serta Keluarga Besar Dinas Kesehatan Angkatan Udara juga tim Flying Specialist yang memberikan Sosialisasi/ Ceramah Kesehatan dan Vaksinasi Influenza.

“Ini adalah untuk kali pertama TNI AU Satradar 222, menempatkan kegiatannya di Bung Tomo yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Jombang memberikan sosialisasi terkait Vaksinasi Influenza,” ungkapnya.

Bupati Jombang menyebut vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan, yang dimana saat ini angka kasus di Jombang semakin menurun. Berdasarkan data dari dinas kesehatan sebanyak 27 kasus yang dirawat di rumah sakit. Yakni di Kecamatan Jombang 11 kasus, Peterongan 1, Perak 2, Diwek 2, Jogoroto 2, Mojowarno 2, Bandarkedungmulyo 3, Peterongan 1, Mojoagung 1.

“Semoga ini terus menurun. Kita terus berikhtiar juga berupaya dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 dengan menerapkan 5 M, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, sering cuci tangan, dan mengurangi aktifitas diluar,” imbuhnya.

Usai acara pembukaan, Bupati Mundjidah langsung menyaksikan Sekdakab Jombang Dr Akh Jazuli, serta Kepala OPD yang hadir pada acara tersebut mendapatkan layanan vaksinasi Influenza.@Obi

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun