LENSAINDONESIA.COM: Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menjelaskan penyebab masih rendahnya para lanjut usia (lansia) yang mengikuti vaksinasi Covid-19 hingga saat ini yang baru 16 persen.

Pasalnya, pemerintah menargetkan 21.553.118 lanjut usia, namun masih terealisasi 3.429.047 lansia yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Mereka (lansia) selalin faktor rasa kuatir, juga kendala teknis untuk mendatangi tempat vaksinasi karena jarak (jauh) menjadi kendala tersendiri bagi lansia untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

“Memang ada ketakutan untuk melakukan vaksinasi pada lansia,” ungkap Dante, Kamis (3/6/2021).

“Mereka tergantung pada keluarganya yang mengantar,” sambungnya.

Sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, Kemenkes akan melakukan langkah sebai berikut. Pertama, edukasi terkait pentingnya vaksinasi pada lansia untuk mencegah gejala COvid-19 berat. Langkah ini terus dilakukan agar memunculkan kesadaran kebutuhan vaksinasi pada lansia di masa pandemi.

Kedua, pihak Kemenkes mendorong kepada pihak keluarga dan usia produktif agar mengantar kelompok lansia ke tempat vaksinasi. Bagi mereka (pengantar) para lansia ke tempat vaksinasi akan mendapatkan prioritas vaksin Covid-19. Hal ini menjadi penekanan Kemenkes, selain mempercepat vaksinasi juga memberikan kemudahan akses vaksin.

“Jemput bola, seperti datang ke kelompok lansia kemudian vaksinasi. Terus menggunakan fasilitas umum di mana lansia itu berkumpul seperti mendatangi panti jompo,” terangnya.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, sebanyak 49,4 persen kasus kematian Covid-19 di Indonesia terjadi pada lansia di atas 60 tahun. Persentase ini merupakan yang tertinggi di antara kelompok umur lainnya.

Angka kematian akibat Covid-19 pada kelompok umur 46 hingga 59 tahun hanya 35,5 persen. Sementara kelompok umur 31 hingga 45 tahun 11,2 persen, di bawah 30 tahun tercatat 3,9 persen.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun