LENSAINDONESIA.COM: Jelang HUT Bhayangkara yang akan jatuh pada 1 Juli 2021 mendatang, Polres Madiun Kota menyelenggarakan Lomba Dakwah Remaja Se-Wilayah Polres Madiun Kota, Kamis (3/6/2021) pagi.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Manguharjo, Kegiatan yang mengusung tema “Kita bangun kompetisi yang sehat, bersatu membangun masyarakat yang tangguh” tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H., beserta seluruh satuan fungsi Polres dan jajaran Polsek Kota Madiun. Selain itu, tampak hadir dalam kegiatan lomba tersebut, KH. Sholeh Marzuki selaku perwakilan GP Ansor kota Madiun, sekaligus sebagai juri lomba.

Pembukaan lomba ditandai dengan penyematan pin nomor peserta oleh Kapolres kepada perwakilan peserta, serta penyerahan cinderamata untuk dewan juri. Mengingat lomba ini dilaksanakan di tengah masa pandemi, panitia pun membatasi jumlah peserta sebanyak 16 peserta, sehingga tidak menimbulkan kerumunan dalam jumlah besar yang berpotensi menyebabkan munculnya klaster baru Covid-19. Selain itu, protokol kesehatan yang lain juga diterapkan secara ketat.

Dalam sambutannya, AKBP Dewa menjelaskan bahwa Lomba Dakwah Remaja merupakan rangkaian acara peringatan hari Bhayangkara ke-75.

“Tentunya untuk tujuan Indonesia lebih maju,” kata AKBP Dewa.

Ada 5 tema yang dapat dipilih oleh peserta Lomba Dakwah Remaja, yaitu :

  1. Pancasila dalam Tindakan Gotong Royong Menuju Indonesia Maju.
  2. Muda Berkarya, Bebas Narkoba.
  3. Mencintai Tanah Air Indonesia, Dengan Ukhuwah dan Rasa Kebangsaan.
  4. Berkarya, Bermanfaat, No Radikal di Tengah Pandemi Covid-19.
  5. Berpikir Positif di Tengah Keberagamaan,

Kehadiran pendakwah berkualitas diharapkan mampu mendukung dalam mewujudkan Kamtibmas, serta meningkatkan dan memperkuat kerukunan masyarakat yang plural.

“Harapan kami ke depan akan lahir pendakwah-pendakwah yang berkualitas, yang bagus dalam penyampaian pesannya,” harap orang nomor satu di jajaran Polres Madiun Kota tersebut.

Sebagai informasi, pemenang Lomba Dakwah Remaja ini akan diumumkan pada peringatan HUT Bhayangkara di Mako Polresta Madiun. Selanjutnya, Polres Madiun Kota akan memberikan pembinaan kepada pemenang lomba, dan kegiatan semacam ini direncanakan menjadi agenda rutin.

“Siapa tahu dari Madiun ini akan lahir pendakwah tingkat Nasional,” pungkas AKBP Dewa. @Limad