LENSAINDONESIA.COM: Perusahaan media Arkadia Digital Media hadirkan platform penerbitan konten Yoursay.id.

Layanan ini disediakan untuk 10 ribu kreator konten (content creator) agar memperoleh penghasilan.

Chief Operating Officer Arkadia Digital Media Suwarjono mengatakan, potensi bisnis kreator konten ini masih besar.

“Halnya jumlah pengguna internet misalnya, kini sudah mencapai 196,7 juta per kuartal II 2020, itu menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Selain itu, pengguna ponsel pintar (smartphone) diperkirakan 89,2% dari total penduduk pada 2025,” tutur Suwarjono saat dikonfirmasi, Kamis (03/06/2021).

Ia mencatat, mayoritas atau 90% dari pengguna internet merupakan penikmat konten. Hanya 10% yang membuat alias content creator.

“Ini artinya, publik memerlukan lebih banyak konten digital,” tandasnya.
Menurutnya, masih banyak kreator kesulitan mengakses platform yang bisa mengakomodasi penerbitan konten.

“Banyak pembuat konten bagus dan butuh tempat. Kami akan menfasilitasi, mendampingi, memberikan manfaat dan nilai tambah,” tuturnya.

Yoursay.id hanya memfasilitasi konten jenis artikel, foto, dan video. Yoursay.id seperti penerbit juga menjadi mitra, sekaligus mencarikan pasar untuk kreator konten. Yoursay.id menargetkan 10 ribu anggota kreator konten dalam waktu dekat.

Member Yoursay.id saat ini terdiri dari komunitas, mahasiswa, penulis hingga pembuat foto dan video. Konten di Yoursay.id akan tersedia gratis, agar lebih mudah terindeks di mesin peramban (browser) Google.

Sedangkan konten kreator akan menerima insentif dari Yoursy.id melalui sistem poin berbasis teknologi.

Selain itu, lanjut Suwarjono, Yoursay.id juga menyediakan pelatihan untuk konten kreator. Jika kemampuan content creator dinilai mumpuni, Yoursay.id bakal menggandeng pihak lain yang ingin menyewa jasa atau membeli produk.

“Kreator konten akan memiliki profil, rekam jejak hingga jumlah pembaca yang jelas. Mereka juga bakal memperoleh poin yang bisa ditukar dengan uang, barang maupun belanja di Serbada.com, platform e-commerce kami,” pungkas Suwarjono.

Sebelum tayang, konten-konten kiriman kreator akan dikurasi oleh tim. Kreator dilarang mengirimkan konten bermuatan hoaks, pornografi, SARA, serta ujaran kebencian.@Rel-Licom