LENSAINDONESIA.COM: Kabar baik bagi warga di Kabupaten Blitar. Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar bakal memberikan beasiswa kepada pelajar yang bisa lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

“Harapan kami pemerintah daerah memberikan biasiswa tersebut, dengan harapan kelak setelah lulus menempuh pendidikan bisa kembali ingat untuk membangun daerahnya,” kata Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Sh. MH saat menghadiri acara Ngopi Bareng Bersama Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Wonotiro, Kademangan, dan Bakung di Balai Kantor Desa Sumberboto Wonotirto, Kamis (03/06/2021).

Rahmat Santoso mengatakan, beasiswa itu bisa diurus para calon mahasiswa melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Dalam acara Ngopi Bareng tersebut, Rahmat Santoso menerima berbagai aspirasi dan keluhan dari masyarakat. Salah satunya dari masyarakat Blitar Selatan yang mengeluhkan sulitnya ketersediaan air bersih terutama musim kemarau. Hal ini karena kapasitas PDAM yang ada belum juga mencukupi kebutuhan warga.

Wabup Rahmad Santoso lansung merespon keluhan soal air bersih yang sudah beberapa tahun belum terselesaikan tersebut.

“Kami dilantik bulan Februari sehingga anggaran saat ini kami tinggal melanjutkan. Tetapi kami janjikan anggaran PAK 2021 akan kami realisasikan, beberapa yang belum ter-cover nanti kami anggarkan di 2022. Kami pastikan anggaran untuk kemajuan Blitar Selatan akan kami prioritaskan,” jawab Wabup langsung disambut tepuk tangan para tokoh dan kades yang hadir.

Kesenjangan pembangunan yang dirasakan masyarakat Blitar Selatan terhadap Blitar Utara memang menimbulkan kecumburuan. Namun dengan kebijakan yang disampaikan Wabup saat Ngopi Bareng itu, permasalahan mulai menemukan jawaban. Dimungkinkan kesenjangan yang ada akan berkurang seiring dengan selesainya Jalur Lintas Selatan.

“Untuk meningkatkan ekonomi dan kepariwisataan di Blitar Selatan seiring dengan selesainya JLS, mohon Jalan Sirip menuju JLS bisa ditingkatkan kapasitasnya,” usul salah satu tokoh Blitar Selatan yang hadir di acara Ngopi Bareng sore itu.

Semua usulan dan keluhan masyarakat dicatat semua oleh para OPD terkait yang saat itu mendampingi Wakil Bupati Rahmat Santoso. Tampak hadir Kepala Bapeda, Kepala PU, Kepala Perkim, dan Kepala Kominfo Kabupaten Blitar.@sams