LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyambut positif pelaksanaan pendidikan dan pelatihan manajemen air minum tingkat muda angkatan ke IX tahun 2021 oleh Pengurus Daerah PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Jawa Timur di Kabupaten Jombang.

“Dengan adanya silaturahim ini termasuk meningkatkan kekompakan serta kesatuan para pengurus Perpamsi Jawa Timur. Tidak hanya itu, melalui forum tersebut juga bisa bertukar ide dan gagasan untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Bupati Mundjidah, Senin (07/06/2021).

Kegiatan pendidikan dan pelatihan manajemen air minum tingkat muda angkatan ke IX dibuka oleh Ketua PERPAMSI Jatim, Samsul Hadi dihadiri Perumdam Tirta Kencana Jombang dan 45 peserta lainnya, bertempat di ruang Teratai Hotel Yusro Jalan Soekarno Hatta No 25 kabupaten Jombang.

Direktur Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang, Dr Khoirul Hasyim mengatakan pendidikan dan pelatihan manajemen air minum tingkat muda angkatan ke IX diikuti 45 peserta dari Kabupaten Gresik, Tuban, Bojonegoro, Kediri dan Jombang.
Pelatihan diikuti karyawan PDAM jenjang pendidikan SMA sederajat dan pendidikan sarjana dengan narasumber dari badan pengawas dan pembangunan jatim.

“Karena memang masih dalam masa pandemi Covid-19, maka peserta di batasi dan pelatihan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan ketat, wajib menggunakan masker, masuk ruangan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta disiapkan handsanitizer dan untuk tempat duduk juga jaga jarak,” bebernya.

Diungkapkan Hasyim, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pegawai atau karyawan PDAM se Jawa Timur. Kegiatan tersebut pula diakhiri dengan kegiatan sertifikasi profesi atau keahlian oleh LSP AMI (Lembaga Sertifikasi Pegawai Air Minum Indonesia) dengan mengukur dan menilai para peserta akan kompetensi yang dimiliki peserta.

“Kami dorong mereka untuk memulai dari tingkat muda ini dan nanti akan dilanjutkan kembali sampai dua tingkatan lagi yakni tingkat madya dan utama, dan kami menunggu jadwal dari teman – teman PDAM PERPAMSI Jawa Timur,” tandas Hasyim.

Sementara itu, Ketua PERPAMSI Jawa Timur Samsul Huda mengatakan diklat managemen air minum ada 3 (tiga) tahapan yakni tingkat muda, tingkat madya dan tingkat utama.

Pada hari ini angkatan ke 9 tahap muda dilaksanakan di Kabupaten Jombang dan bekerja sama dengan PDAM PDAM yang lain mulai tanggal 7 Juni sampai 9 Juni 2021.

“Diklat manajemen air minum ini diadakan untuk memberikan pengetahuan keterampilan, juga peningkatan kualitas SDM dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.@Obi