LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Madiun Maidi resmi membuka acara Khitanan Massal yang merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi Kota Madiun ke-103 yang berlokasi di Rumah Dinas Walikota Madiun, Selasa (8/6/2021) pagi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri, Ketua DPRD Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra, Sekretaris Daerah Rusdiyanto, beserta jajaran Kepala Dinas Kota Madiun.

Tercatat ada 309 peserta Khitanan Massal, yang akan di khitan secara bertahap, yang direncanakan dilaksanakan selama tiga hari di tiga tempat yang berbeda, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dalam jumlah besar saat pelaksanaan.

Meski agenda rangkaian HUT 103 Kota Madiun tetap dijalankan, namun penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat. Selain itu, Pemkot juga memfokuskan rangkaian acara Hari Jadi Kota Pendekar ini pada kegiatan-kegiatan sosial.

“Pemerintah sudah hadir didalam kehidupan masyarakat, mulai anak di dalam kandungan kemudian lahir, kemudian sekolah, khitan, nikahan sampai ia meninggal. Pemerintah juga harus hadir untuk masyarakat yang kurang mampu,” ujar Maidi.

Orang nomor satu di Kota Madiun tersebut juga menyampaikan, jika ada penambahan peserta khitan, pihak penyelenggara akan tetap mempersilahkan dan menerima, dengan ketentuan setiap hari nya peserta dibatasi hanya 40 anak yang dipercayakan kepada tenaga medis dari Yayasan Nurul Hayat yang sudah kompeten dibidangnya, yaitu spesialis khitan ring tanpa rasa sakit. @Limad