LENSAINDONESIA.COM: Siapa yang tidak kenal dengan Mohamed Salah? Ia merupakan pesepakbola Mesir yang mulai melejit saat Liverpool mendatangkannya dari AS Roma. Sejak saat itu, penampilan Salah yang memukau, menyihir fans The Reds dan menjadikannya bintang baru di Anfield.

Saat debut dengan seragam Liverpool, Mohamed Salah langsung tampil memukau. Pemain berusia 28 tahun itu kini telah mencetak 68 gol dalam 96 penampilan. Ia juga berperan besar mengantarkan The Reds lolos ke final Liga Champions 2017/2018.

Melihat sejumlah prestasi yang telah diraihnya, tak heran jika kemampuan Salah langsung diperhitungkan di kancah sepakbola dunia.

Saat ini banyak media yang membahas tentang pemain asal Mesir ini, untuk Anda tahu berikut ini beberapa fakta mmenarik tentang Mohamed Salah:

Awal Karir yang Sulit

Perjalanan karir sepakbola Mohamed Salah tidak mudah. Saat memulai karirnya, Salah harus menempuh perjalanan selama 8 jam dari rumahnya ke tempat latihan di Kairo dengan berganti 10 bus yang berbeda. Ini dilakukan oleh Salah lima hari dalam seminggu selama empat tahun.

Aktif Beramal

Salah memiliki banyak badan amal yang didedikasikan untuk memperbaiki kampung halamannya, Delta Nil. Dia yang memberikan dana ke Yayasan Amal Mo Salah, menyediakan bahan makanan dan diakui sebagai yang pertama menyediakan unit ambulans pertama di kota mereka.

Mohamed Salah merupakan salah satu orang yang mendanai pembangunan salah satu rumah sakit. Bintang baru pesepakbola dunia yang dikenal dermawan ini juga membagikan keberuntungannnya dengan mendanai pembangunan salah satu sekolah khusus perempuan yang ada di tanah kelahirannya.  Bagi Anda yang membutuhkan situs untuk bermain game dan bisa mendapatkan keberuntungan, link alternatif qq1221 merupakan situs yang terbaik untuk Anda coba.

Salah juga mendanai pembangunan rumah sakit dan sekolah khusus perempuan di kota kelahirannya, serta pernah memberikan sumbangan kepada rumah sakit untuk pembelian alat medis yang di butuhkan.

Cerita Salah dengan Pencuri

Seorang pencuri diketahui telah merampok rumah keluarga Mohamed Salah saat ia sedang bermain di Alexandria. Ketika polisi menangkap pencuri itu, ayah Salah mengeluarkan surat dakwaan terhadap pencuri itu.

Namun, ketika Salah mengetahuinya, dia meminta ayahnya untuk membatalkan dakwaan. Sebaliknya, Salah memberi pencuri uang ketika dia bertemu, dan membantunya mencarikan pekerjaan.

Salah dan Pemilu Mesir

Pada 2018, Mohamed Salah dan orang Mesir ikut serta dalam pemilihan. Mohamed Salah tidak masuk dalam calon presiden Mesir, namun ada warga Mesir yang memasukkan nama Mohamed Salah dalam pemilihan presiden Mesir. Namun surat suara tersebut dianggap tidak sah.

Terbuka

Saat ini sudah banyak pemain sepak bola terkenal yang menutupi kehidupannya, bahkan sampai merahasiakan pernikahannya dan hanya mengundang kalangan tertentu. Ini berbeda dengan Salah. Dia secara terbuka mengumumkan pernikahannya dan membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja untuk datang ke resepsi pernikahannya. Dia menunjukkan ini sebagai bentuk pengakuan bahwa dia milik orang Mesir.

Ketika Salah menikah dengan Magi pada 2013, semua orang di desanya bisa masuk dan makan di sana. Mereka yang datang pun beragam, mulai dari masyarakat umum hingga penyanyi ternama di Mesir.

Nama anak diambil dari Tanah Suci

Selain prestasinya di bidang sepak bola, pemain liverpool ini merupakan salah satu pemain sepak bola yang beragama Islam dan memiliki ketaatan yang tinggi. Mohamed Salah memiliki kecintaan kepada Islam.

Bahkan, dia memberikan nama kepada anaknya yang mencerminkan Islam. Salah memberi nama anaknya Mekah yang mengacu pada tanah suci umat Islam di Arab Saudi, yaitu Mekah.

Super Cepat Lari di Lapangan Hijau Field

Mohamed Salah dikenal sebagai pemain yang sangat cepat. Bahkan, Raphael Varane pemain Real Madrid mengakuinya saat Madrid melawan AS Roma. Saat itu, Salah masih menjadi anggota klub Italia AS Roma.

Varane mengaku sering kewalahan dengan kecepatan lari Salah. Padahal, Varane adalah pemain tercepat di Madrid, mengalahkan Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo.

Terbaik Afrika 2 Tahun Berturut-turut

Salah terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019 setelah mengalahkan Sadio Mane (Senegal) dan Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon). Salah menerima suara terbanyak dalam pemungutan suara oleh direktur teknis dan pelatih dari 56 negara anggota CAF.

Ini adalah kali kedua berturut-turut Salah terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika. Pada 2018, Salah juga meraih penghargaan yang sama mengungguli Mane dan Aubameyang.

Identik dengan Perayaan Sujud Syukur

Mohamed Salah, salah satu pesepakbola muslim yang tak segan-segan menunjukkan identitas keislamannya.

Ia mengungkapkan kegembiraannya dalam mencetak gol (perayaan) dengan melakukan sujud syukur di lapangan. Pemain kelahiran Mesir, 15 Juni 1992 ini kerap menengadah ke langit sambil menunjuk ke atas. Setelah itu, ia berlutut ke tanah, tanda sujud syukur kepada Sang Pencipta. @adv