LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. Sekitar 1.000 pekerja dan masyarakat di tempat tersebut mengikuti kegiatan program vaksinasi.

Dalam kegiatan ini, disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemberian vaksin Covid-19 terhadap pekerja dan masyarakat merupakan bentuk perlindungan dari risiko penyebaran Covid-19.

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19, terutama karena mereka adalah orang yang interaksinya tinggi baik,” ujar Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan melalui kanal YouTube Setpres, Kamis (10/6/2021).

Pelabuhan merupakan tempat strategis dalam lalu lalang orang yang membutuhkan perhatian khusus dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Karena, interaksi dapat berlangsung antara petugas bongkar muat dengan para anak buah kapal (ABK) dan lalu lintas kapal juga berasal dari sejumlah pulau.

“Kita tahu ini merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia yang melayani kapal penumpang, melayani kapal barang, domestik maupun mancanegara,” terang Jokowi.

“Sehingga vaksinasi ini kita harapkan ada perlindungan terhadap para pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa ini, sehingga Covid-19 bisa kita cegah,” tambahnya.

Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah orang yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di Indonesia hingga Rabu (9/6), telah mencapai 18.718.769 atau bertambah 458.287 dibanding hari sebelumnya. Persentasinya sama dengan 46,39 persen dari target penerima vaksin mencapai 40.349.049.

Untuk penerima vaksin dosis kedua, yakni mencapai 11.436.259 orang atau bertambah 80.234 orang dibanding sehari sebelumnya atau setara 28,34 persen dari target.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun