LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono meminta peringatan Hari Lahir Pancasila Selasa 1 Juni 2021 ini menjadi momentum untuk memperkuat nilai-nilai gotong royong yang diaktualkan dalam tindakan nyata, di masa pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi Kota Surabaya.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Ini momentum tepat mengaktualkan Pancasila dalam tindakan, menyatukan seluruh kekuatan untuk Indonesia tangguh, untuk Surabaya tangguh, untuk kampung-kampung tangguh,” kata Adi Sutarwijono saat mengikuti upacara Harlah Pancasila secara virtual dari Balai Kota Surabaya, Selasa (01/06/2021).

Upacara di Balai Kota Surabaya diikuti oleh Wali Kota Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, Ketua DPRD Adi Sutarwijono, jajaran Forkompimda, kalangan pejabat Pemkot, dengan mengenakan pakaian adat.

Adi yang mengenakan pakaian adat Jawa menambahkan, Harlah Pancasila menjadi momentum untuk memperkuat dan mengawal kebijakan Pemkot Surabaya yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, kebijakan Jaminan Kesehatan Semesta alias berobat cukup dengan KTP, pemberdayaan UMKM, menjaga keberagaman mengingat Surabaya adalah kota multikultur dan berbagai program sosial untuk wong cilik menegaskan eksisnya kebijakan berbasis nilai-nilai Pancasila di Surabaya.

“Kebijakan-kebijakan itu dikawal dan didukung DPRD Surabaya,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini.

Peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri merujuk pada pidato Bung Karno di depan sidang BPUPK (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan), 1 Juni 1945.

Dalam pidatonya yang panjang, Bung Karno memperkenalkan istilah Pancasila sebagai falsafah hidup sekaligus dasar negara Indonesia, serta menguraikan lima sila dari Pancasila.

Kemudian, Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila yang diperingati secara nasional. Presiden Jokowi juga menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional.

“Berkat kerja keras, dan gotong royong semua pihak, angka COVID-19 di Surabaya terus bisa ditekan. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Eri Cahyadi, Kota Surabaya tengah berupaya keras memulihkan perekonomian yang tergerus selama masa pandemi,” beber Adi.

Selanjutnya, Adi mengajak untuk terus mengawal dan mendukung dengan semangat gotong royong sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” imbuh Adi.@ADV