LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 66 warga di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, dinyatakan terinfeksi Covid-19. Hal ini didapati setelah dilakukan swab test antigen.

Dugaan sementara, mereka terpapar usai menghadiri hajatan pernikahan yang digelar oleh warga setempat awal bulan Juni lalu. Setelahnya, beberapa warga mengeluhkan batuk, pilek, dan demam. Mengetahui hal tersebut, pihak desa mengadakan swab test antigen secara serentak kepada 240 warga, dan sebanyak 66 orang dinyatakan positif, Jumat (11/6/2021).

Menindaklanjuti temuan tersebut, Pihak pemerintah desa segera mengambil kebijakan untuk melakukan mikro lockdown, karantina mandiri, serta penyemprotan disinfektan pada rumah-rumah warga.

“Kami melakukan penyemprotan di dua RT, RT.25 dan RT.26 di Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan, dengan mengerahkan 20 personel dari Polres Madiun,” ujar Iptu Edi Bambang Subroto, Kepala Bagian Operasi Sabhara Polres Madiun.

Sedangkan tim Siaga A Polres Madiun, di waktu yang sama melakukan Operasi Yustisi yang dipimpin oleh Ipda Roni Susanto, SH., Perwira Pengendali Peleton Polres Madiun guna mengedukasi warga yang tidak menggunakan masker, kemudian membagikan masker kepada beberapa warga Dukuh Bulurejo, Desa Bantengan. Kegiatan ini untuk upaya meningkatkan kepatuhan warga akan penerapan protokol kesehatan.

“Supaya mereka selalu taat dan patuh untuk menerapkan protokol kesehatan,” tegas Roni.

Melanjutkan penanganan yang sudah dilakukan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Kesehatan, bekerja sama dengan Polres Madiun, Pemerintah Desa, serta sejumlah pihak terkait, kembali melakukan swab test dan GeNose kepada sejumlah warga, serta melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Dukuh Bulurejo, Senin (14/6/2021) pagi.

“Kegiatan hari ini adalah pemeriksaan lanjutan untuk masyarakat Kedungrejo, Desa Mojopurno. Yang pertama, kemarin di Dusun Bulurejo, Desa Bantengan,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Sulistyo Widyantono.

Menurutnya sebagian besar tamu undangan dalam acara hajatan pernikahan di Dukuh Bulurejo tersebut adalah warga Dukuh Kedungrejo, Desa Mojopurno. Jadi pemeriksaan lanjutan dilaksanakan di wilayah tersebut.

Sementara itu, guna membantu kebutuhan warga Dukuh Bulurejo yang terkena lockdown, pihak Kelurahan Bulurejo membagikan bantuan berupa sembako kepada 92 rumah yang ada di dukuh ini. @Limad