LENSAINDONESIA.COM: Unit Reskrim Polsek Asemrowo membubarkan balap liar di Jl Margomulyo, Sabtu (12/6/2021 dini hari. Hasilnya, 11 Anak baru gede (ABG) yang hendak melakukan balapan sembari pesta miras, diamankan.

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan, mengatakan 11 ABG yang terjaring langsung diamankan ke Mapolsek untuk dilakukan pemeriksaan dan pembinaan.

“Ada 11 remaja kami amankan karena melakukan balap liar dan minum-minuman keras di Margomulyo. Mereka kami beri pembinaan,” terangnya, Senin (14/6/2021).

Mereka yang dimankan kemudian dilakukan tes swab antigen petugas Puskesmas Kecamatan Asemrowo. Dari hasil tes swab antigen, hasilnya non-reaktif semua.

Kompol Hari menyaksikan sejumlah ABG bersimpuh di hadapan orangtuanya masing-masing. Sebelumnya mereka diamankan saat pesta miras di lokasi balapan (wendy)

Proses akhir, seluruh orang tua dari 11 ABG yang diamankan ini, dipanggil ke Mapolsek Asemrowo untuk membuat surat pernyataan tertulis dan berjanji tak mengulangi perbuatannya lagi.

Setelah bersedia membuat surat pernyataan disertai tanda tangan di atas materai 6000, orang tua dan belasan remaja tersebut diberikan pengarahan dan imbauan.

Kompol Hari mengingatkan peran kedua orang tua sangatlah penting untuk melakukan pengawasan terhadap anaknya guna menghindari terjerumus pada hal yang negatif.

“Apa yang kami lakukan ini semata-mata hanya untuk ibadah. Kami ingin menyelamatkan generasi muda dan kami berharap orang tua berperan aktif dalam pengawasan anaknya. Karena kegiatan balapan liar ini bisa berlanjut pada pesta miras, penyalahgunaan narkoba dan tindakan pidana lainnya,” tegasnya.

Sementara terkait barang bukti kendaraan roda dua yang diamankan di Mapolsek Asemrowo, Kompol hari menjelaskan dapat diambil setelah melalui proses sidang.

“Terkait barang bukti motor yang diamankan di Polsek Asemrowo, harus menunggu proses sidangnya selesai. Setelah proses sidang selesai, baru dapat diambil tanpa dipungut biaya apapun,” jelasnya. @wendy