LENSAINDONESIA.COM: Tiga warga asal Bangkalan dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian baru, Delta B.1.617.2 asal India, saat ini dirawat itensif di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II.

Penanggungjawab RSL Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, 3 orang tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda dengan CT value di bawah 18.

“Ada 3 dari Bangkalan. Pasien pertama gejala ringan, batuk berdahak tanpa komorbid, pasien kedua gejala ringan, demam dengan komorbid DB (Demam Berdarah). Sedangkan pasien ketiga tanpa gejala dan tanpa komorbid. Mereka CT Valuenya di bawah 18,” terangnya, Selasa (15/6/2021).

Dokter Nalendra menambahkan, saat ini hanya ada dua orang yang tengah menjalani penyembuhan dari Covid varian Delra B.1.617.2. Sedangkan untuk pasien yang satunya telah dipindahkan ke RS Bojonegoro karena dekat dengan domisili pasien.

Kepada masyarakat, dr Nalendra berpesan supaya tetap mawas diri dengan mentaati protokol kesehatan, guna menghindari terjangkit Covid-19 varian baru yang disinyalir lebih ganas.

“Kita harus mengedukasi masyarakat untuk mau menggunakan masker dan merubah kebiasaan. Kita juga wajib memberi pemahaman karena stigma yang ada dalam masyarakat Covid-19 tidak ada sama sekali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, per Selasa (15/6/2021) siang, terdapat 369 orang yang dirawat di RSL Kogabwilhan II dari 410 bed yang tersedia, sehingga saat ini ada 31 bed yang tersisa.

Sebanyak 369 orang yang menjalani perawatan tersebut berasal dari 64 Pekerja Migran Indonesia (PMI), 210 pasien dari klaster Madura, 12 pasien dari klaster Pondok Pesantren dan 83 pasien umum/mandiri. @wendy