LENSAINDONESIA.COM: Hadiri Haul Emas 50 Tahun Almaghfurlloh KH Wahab Chasbulloh secara virtual. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pujian terhadap KH Abdul Wahab Chasbullah yang menjadi inspirasi atas ketedalanan perjuangannya bagi bangsa Indonesia.

Pidato singkat yang disampaikan oleh Jokowi secara virtual di Istana Kepresidenan tersebut, dalam rangka memperingati Haul ke-50 KH Abdul Wahab Chasbullah, yang diselenggarakan di Masjid Jami’ Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Selasa (22/06/2021) malam.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa ulama KH Abdul Wahab Chasbullah adalah sosok yang menjadi inspirasi bagi kita semua.

“Teladan akhlaknya KH Wahab Chasbullah akan selalu abadi menjadi inspirasi bagi kita semua. Terutama dalam menghadapi kondisi bangsa seperti saat ini,” kata Presiden mengawali sambutan.

Presiden RI yang juga pernah menjadi Gubernur DKI ini juga menyanjung KH Wahab Chasbulloh atas kecintaaan beliau terhadap bangsa dan tanah air, beliau mengajarkan cinta tanah air dan bangsa. Sosok beliaulah KH Wahab Chasbulloh yang mengajarkan kita mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sosok beliau dikenal semangat dan tangguh.

“Beliau juga dikenal sebagai ulama pejuang yang mengajarkan cinta tanah air, hubbul wathan minal iman. Menggelorakan semangat kebangsaan. Selalu berjuang untuk tegaknya NKRI,” ungkapnya.

Presiden RI yang juga pernah menjabat Wali Kota Solo ini sangat mengagumi keteladan KH Wahab Chasbulloh. Menurut Jokowi, cita-cita beliau yang besar layak untuk diteruskan. KH Abdul Wahab Chasbullah menjadi salah satu ulama besar yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

“Kita mengenang beliau sebagai ulama besar. Inisiator, pendiri, dan penggerak jamiyah Nahdlatul Ulama. Kiai yang memiliki wawasan luas dan berpandangan modern jauh ke depan dengan cita-cita besarnya dan mulia,” bebernya.

Presiden RI Jokowi juga meminta doa dari para Ulama, Kiai dan Habaib supaya negara Indonesia bisa melewati masa yang dihadapkan adanya pandemi virus Covid-19. Sehingga ekonomi negara Indonesia kembali normal.

Usaha bersama melawan virus ini juga sejalan dengan cita-cita KH Abdul Wahab Chasbullah yang ingin negara Indonesia maju dan mandiri.

“Saya yakin berbekal doanya para kiai dan para habaib, ulama dan ikhtiar seluruh masyarakat maka kita bisa melewati cobaan ini (Covid-19),” tutur Jokowi.

Dalam haul Emas 50 KH Abdul Wahab Chasbullah ini yang juga dihadiri Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj secara virtual, juga hadir dimasjid Jami’, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah, Bupati Jombang, Mundjidah, Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar, KH Mustofa Aqiel Siradj, KH Masduki Abdurrahman Alhafidz, dan Gus Miftah.

Haul Emas 50 tahun KH Abdul Wahab Chasbullah ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Undangan yang hadir juga dibatasi, terlebih dahulu undangan sebelum diperkenankan masuk, harus mencuci tangan pakai sabun, serta mengenakan masker, juga tempat duduk yang berjarak.

Putri KH Wahab Chasbullah, Hj Mundjidah Wahab yang juga Bupati Jombang mewakili keluarga menyampaikan terima kasih atas kehadirian seluruh undangan. Mundjidah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara tersebut.

“Panitia juga menggelar khataman Alquran di 50 majlis yang tersebar di 21 kecamatan. Kemudian takziah ke makam KH Abdul Wahab Chasbullah, serta santunan untuk 50 anak yatim dan 50 fakir miskin,” terangnya.

Selain Mundjidah, seluruh putra dan putri Kiai Wahab juga hadir di acara haul emas tersebut. Di antaranya, KH Hasib Wahab, KH Roqib Wahab, Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, Hj Hizbiyah Rachim dan Ny Hj Mutamaroh Wahab. Acara Haul Emas 50 juga dibarengi launching Asosiasi Youtuber Santri Indonesia yang dikomandoi Helmy dan H Mujtahidur Ridho (Gus Edo).

“AYSI akan mendampingi para youtuber santri untuk mewujudkan komunitas santri yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital dalam mewujudkan dakwah digital yang ramah, solutif dan rahmatan lil alamin,” pungkas Gus Edo panggilan akrab suami Neng Awin Tammah salah satu cucu KH Wahab Chasbulloh yang juga Ketua Panitia Haul Emas 50 Tahun Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama.@Obi