LENSAINDONESIA.COM: Angka kasus Covid-19 di Indonesia melonjak cukup tajam membuat pemerintah menerapkan penguatan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro diberlakukan secara ketat.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Jawa Barat pun mengambil langkah untuk mempertebal PPKM mikro yang tertuang dalam Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/249/Kpts/Dinkes/Huk/2021 dengan membatasi warga di malam hari. Hal tersebut untuk menekan angka kasus Covid-19 di Depok.

“Aktivitas warga dibatasi sampai dengan pukul 21.00 WIB,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, di Depok, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, dalam keputusan tersebut juga mengatur dengan membatasi kegiatan keagamaan, tempat ibadah hanya untuk ibadah wajib dengan kapasitas maksimal 30 persen, dan soal penguburan jenazah, takziah, tahlilan diikuti oleh keluarga maksimal 15 orang.

“Pengajian rutin, subuh keliling dan ibadah bersama di luar tempat ibadah untuk sementara ditiadakan,” jelasnya.

Tak hanya itu, kebijakan ini juga mengatur terkait kegiatan di fasilitas umum dan ruang pertemuan (gedung pemerintah, swasta dan masyarakat) sementara ditutup.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan rapat, pertemuan, bimtek, workshop dan sejenisnya, kegiatan seni, budaya, komunitas dan pertemuan-pertemuan dilaksanakan secara daring.
Sementara, untuk kegiatan, resepsi pernikahan/khitanan hanya diperkenankan untuk akad nikah dihadiri keluarga inti maksimal 30 orang dan untuk khitanan 20 orang.

Terkait kegiatan olahraga hanya dilakukan yang bersifat mandiri. Kemudian, untuk kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan secara daring.

Dadang menambahkan, bahwa untuk kegiatan penerimaan kunjungan kerja dan perjalanan dinas ke luar Depok untuk sementara dihentikan. “Untuk tamu keluarga dari luar Depok maksimal lima orang,” terangnya.

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19, Pemkot Depok mengimbau agar warga Depok lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi keputusan Wali Kota Depok tersebut.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun