LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyampaikan, pemerintah akan menambah 7000 tempat tidur pasien Covid-19 di dua tempat isolasi yakni Rusun Pasar Rumput Jakarta Selatan dan Rusun Nagrak Jakarta Utara.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya lonjakan kasus Covid-19 yang sidnifikan dalam minggu terakhir. Selain itu juga, adanya keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Wisma Atlet Jakarta juga hampir penuh karena semakin banyaknya pasien Covid-19 yang masuk.

“Di Nagrek itu ada 4 tower, kita bisa isi sekitar 4.000. Kita akan mulai dari 2.000 dulu tapi itu kapasitas maksimalnya bisa 4.000. Sedangkan, di Pasar Rumput kita juga akan menambah kapasitas isolasi sekitar 3.000,” ujar Menkes, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/6/2021).

“Jadi ada 7.000 tempat tidur isolasi tambahan atau dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya yang ada di Wisma Atlet,” tambah Budi.

Lebih jauh Budi menjelaskan, ke depan baik untuk pasien tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan di Wisma Atlet akan dipindahkan ke tempat isolasi mandiri yang baru. Khusus RSD Wisma Atlit rencananya akan merawat pasien Covid-19 dengan gejala sedang. “Pasien yang kondisi berat tetap kita arahkan ke rumah sakit,” jelasnya.

Dengan demikian, bagi pasien Covid-19 dengan status OTG dapat memilih apakah mau dirawat di ruang isolaso mandiri yang disediakan atau di rumah.

“Baik itu yang orang tanpa gejala maupun orang yang dengan gejala ringan, menengah, berat itu kita bisa atur dengan lebih baik,” terangnya.

Selain itu, bentuk intervensi lain yang dilakukan pemerintah yakni, dengan mengkonversikan RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan menjadi rumah sakit yang sepenuhnya menangani pasien Covid-19. Kemudian, pemerintah juga akan mengubah IGD di RS Rujukan Covid-19 menjadi kamar isolasi.

“Layanan IGD-nya kita sudah memutuskan untuk membangun tenda di luar rumah sakit supaya yang ingin di cek masuknya ke sana, tidak masuk ke ruangan IGD. Karena (IGD) ini akan dipakai sebagai tambahan tempat tidur,” pungkas Budi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun