LENSAINDONESIA.COM: Jelang Tahun Ajaran Baru 2021/2022, SMP Negeri 2 Kota Madiun gelar Workshop Pembuatan Konten Multi Media. Bertempat di ruang Laboratorium sekolah tersebut, kegiatan workshop singkat ini sedianya berlangsung selama dua hari, Rabu (30/6/2021) hingga Kamis (1/7/2021).

Workshop ini merupakan kerjasama antara Repelita Maya (Remaja Penggerak Literasi TIK Madiun Raya) dan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMP Negeri 2 Madiun, untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seluk beluk teknologi informatika yang saat ini akrab dengan aktivitas sehari-hari masyarakat, terutama kalangan pelajar.

Kepala SMP Negeri 2 Madiun Suyatmun .S.Pd. menuturkan, workshop ini untuk menyikapi kondisi Pandemi Covid-19 yang mana pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan).

“Karena saat ini kondisinya masih dalam Covid-19, tentunya kita membutuhkan kemampuan teknologi dengan berbagai kegiatan yang bersifat daring,” ujar Suyatmun.

Workshop tersebut juga untuk mempersiapkan guru dan siswa yang terlibat langsung pada kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

“Nantinya mereka yang terlibat dalam MPLS bisa menguasai dan mengaplikasikan apa yang harus disatukan, sehingga semua bisa berjalan lancar dan baik,” imbuhnya.

Suyatmun berharap, dengan diadakannya workshop yang diberikan kepada beberapa siswa SMPN 2 Madiun tersebut, dapat meningkatkan kemampuan dan potensi peserta dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT).

Sementara itu, Yosef Ruspendi selaku narasumber mengungkapkan, tujuan dari workshop ini untuk menciptakan remaja yang berkompeten di bidang Teknologi, Informatika dan Komunikasi. Sedangkan, untuk materi yang diberikan untuk peserta workshop meliputi perencanaan konten multimedia, teknik pembuatan, editing, hingga finishing, baik dengan menggunakan gadget ataupun PC.

“Ini adalah tahun ketiga dilakukan kegiatan ini, dengan harapan terbentuknya para remaja yang melek teknologi, informasi, komunikasi untuk menjawab potensi Bonus Demografi,” pungkas Yosef sebagai Praktisi Audio Visual Pelita Maya. @Limad