LENSAINDONESIA.COM: Ir Hj Tjaturina tutup usia, beliau merupakan Ketua DPD Partai Golkar Jombang yang juga Istri eks Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Tjaturina Yuliastuti.

Kabar tersebut dibenarkan Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur KH Zahrul Azhar Asumta. Jika istri dari mantan Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko meninggal dunia di salah satu rumah sakit umum Surabaya.

“Ya memang benar, beliau Bu Tjaturina meninggal dunia. Tadi kabarnya pukul 4 lebih (16.00 Wib),” kata Gus Han, panggilan akrab Politisi Golkar yang juga Pengasuh Ponpes Queen Darul Ulum, Rejoso Peterongan, Jombang, Rabu (30/6/2021).

Pengasuh Asrama Queen Al Azhar Ponpes Darul Ulum Jombang ini menjelaskan, jenazah akan dikebumikan di Desa Spanyul, Kecamatan Gudo.

“Jenazah masih di rumah sakit. Dan sekitar pukul 19.00 WIB, insyaAllah sampai rumah duka dan mungkin pukul 20.00 WIB akan dimakamkan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Gerakan Pemuda Ka’bah Kabupaten Jombang, H Mujtahidur Ridho menyebut segenap keluarga besar GPK Jombang menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Ibu Tjaturina Yuliastuti Wihandoko, istri Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko periode 2013-2018.

Menurutnya, almarhumah merupakan sosok luar biasa yang saat itu mendampingi Pak Nyono sebagai Bupati Jombang. “Mari bersama kita doakan almarhumah agar diterima di sisi Allah SWT,” tuturnya.

“Tidak hanya keluarga besar Pak Nyono yang kehilangan, namun seluruh masyarakat Kabupaten Jombang juga turut berduka. InsyaAllah keluarga besar Pak Nyono ikhlas, diberi kekuatan, kesabaran dan ketabahan menerima kepergian almarhumah,” ujarnya.

Dikatakan Gus Edo, sewaktu mengenang saat GPK Jombang mengadakan acara untuk memperingati Hari Ibu, yang saat itu mengundang almarhumah (Ibu Tjaturina) sebagai sosok wanita tangguh asal Kabupaten Jombang tersebut.

“Almarhumah merupakan sosok yang tegar, bersahaja, sabar, dan juga penuh welas asih. Almarhumah sudah memberikan banyak sekali tauladan-tauladan ditengah-tengah masyarakat. Baik sebagai tokoh inspirasi di Kabupaten Jombang,” bebernya.

Ketua GPK Jombang ini juga turut mengingatkan kepada generasi muda maupun segenap kalangan lainnya yang masih memiliki seorang Ibu, agar jangan pernah letih memberikan cinta dan perhatian kepadanya. Sebab jika Ibu telah tiada, tak bisa lagi memberikan perhatian secara langsung. Hanya bisa melalui doa.

“Sosok Ibu yang mengajarkan kepada kita berbagai hal dalam kehidupan. Jasa mereka tak terbendung. Mencintai dan memperhatikan mereka bukan semata tugas dan kewajiban, melainkan menunjukan seberapa besar kadar kemanusiaan yang ada dalam diri kita,” tuturnya.

Sekedar diketahui, Ir Tjaturina Yuliastuti Wihandoko, istri Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko periode 2013-2018, meninggal dunia di RS Unair, Rabu (30/06/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, Tjaturina yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jombang ini menjalani perawatan di rumah sakit tersebut selama satu minggu.

Tjaturina saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jombang. Sebelumnya, Sejak 24 September 2013, Tjaturina menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PPK Kabupaten Jombang. Karena saat itu sang suami, Nyono Suharli Wihandoko, menjabat sebagai Bupati Jombang. Tjaturina juga sempat menjabat sebagai Kades Sepanyul, Kecamatan Gudo, Jombang.@Obi