LENSAINDONESIA.COM: Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo resmi memutuskan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kegiatan pengetatan aktivitas masyarakat tersebut diberlakukan pemerintah guna mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021, khusus di Jawa dan Bali,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan, Kamis (1/7/2021).

Jokowi menjelaskan, dengan adanya kenaikan kasus yang tinggi dan untuk menghadapi varian baru Covid-19 yang penularanya lebih cepat diperlukan kebijakan khusus untuk mengatasi masalah penyebaran Covid-19 agar lebih terkendali.

“Pandemi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara,” terang Jokowi.

Sebab itu, hal tersebut menajadi perhatian pemerintah dan memerlukan langkah-langkah cepat dan tepat untuk menangani kasus Covid-19.

Jokowi menjelaskan, secara terperinci PPKM Darurat dirinya sudah memerintahkan Menko Kementerian Kemaritiman dan Investasi nanti untuk menerangkan sejelas-jelasnya mengenai kebijakan ini pada masyarakat luas.

“Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi peraturan ini demi keselamatan kita semuanya,” imbau Jokowi.

“Pemerintah akan mengerahkan sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran Covid-19, seluruh aparat negara, TNI, POLRI, ASN, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu membahu bekerja sebaik-baiknya untuk menangani wabah ini,” sambung Jokowi.

Jajaran Kementerian Kesehatan, kata Jokowi, terus melakukan peningkatan kapasitas Rumah Sakit, fasilitas isolasi terpusat maupun ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan hingga oksigen.

“Saya minta kepada rakyat Indonesia untuk tetap tenanga dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada dan disiplin di dalam menjalankan protokol kesehatan dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menanganani pandemi,” pungkas Jokowi.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun