LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah bekerjasama dengan 11 Platform Telemedicine untuk menyediakan obat-obatan bagi orang yang melakukan isolasi mandiri di rumah karena terinfeksi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah dan memberikan jasa jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis.

“Obat-obatan dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan Kemenkes. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada 11 platform telemedicine ada Halodoc, Getwell, Gooddoctor, Alodokter, dan lainnya dan semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform dan obat-obatannya dari Kemenkes,” ujar Budi, Senin (5/7/2021).

Dalam proses konsultasi dan penyediaan obat dilakukan berbasis berbasis elektronik untuk mempermudah layanan. Adapun, paket obat akan dikirimkan untuk yang benar-benar tanpa gejala.

Selain itu, bagi mereka yang terkena Covid-19 dengan gejala ringan seperti demam juga akan diberikan juga paketnya secara gratis.

“Paket-paket ini juga diintegrasikan dengan lab-lab PCR. Kalau teman-teman ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan lewat telemedicine ini. Kalau positif bisa langsung diteruskan,” terangnya.

Selain itu, Menkes juga menyarankan bagi yang terkena Covid-19 namun saturasinya masih 95 persen ke atas, tidak mengalami sesak dan tidak komorbid, maka disarankan lebih baik yang bersangkutan bisa isolasi mandiri.

“Agar terhindar dari viral load yang tinggi jika dirawat di rumah sakit,” terang Budi,

Namun, apabila sudah sesak atau saturasi oksigen di bawah 95 dan komorbid, Menkes menyarankan agar pasien harus masuk rumah sakit.

“Kalau sudah memahami isolasi di rumah, kami paham teman-teman butuh konsultasi, butuh ketenangan bahwa diperhatikan dan tahu mereka menerima pengobatan yang benar. Untuk itu kita melakukan telemedicine,” pungkas Budi.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun