LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Surabaya akan melaksanakan vaksinasi dosis pertama untuk pelajar SD dan SMP usia 12 tahun ke atas se-Kota Surabaya di Gelora 10 November (G10N), Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Minggu (11/07/2021) besok.

Karena vaksinasi difokuskan untuk anak-anak SD-SMP, maka vaksinasi untuk masyarakat umum di G10N mulai besok sementara dihentikan sembari menunggu ketersediaan vaksin.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, peserta vaksinasi ini berasal dari sekolah yang sebelumnya telah dikoordinir oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya.

“Untuk yang SD-SMP kita lakukan besok di sini (G10N). Mereka nanti diantar oleh masing-masing guru dan orang tuanya,” kata Eri, Sabtu (10/07/2021).

Menurutnya, tidak semua sekolah SD-SMP di Surabaya yang akan menerima undangan vaksinasi di G10N. Sebab, nantinya vaksinasi untuk anak juga akan dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Supomo menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi pelajar SD-SMP di G10N akan diikuti oleh 125 sekolah. “Ada 125 SD-SMP di Surabaya yang akan mengikuti vaksinasi di G10N besok,” katanya.

Pihak dispendik sudah memberitahukan kepada setiap kepala sekolah yang akan mengikuti vaksinasi di G10N untuk menghubungi orang tua murid agar bisa mendampingi anak-anak mereka menerima vaksin. “Kita sampaikan kepada kepala sekolah untuk memberitahukan kepada orang tua murid untuk datang vaksin ke Tambaksari (Gelora 10 Nopember) ,” jelasnya.

Syarat vaksin bagi pelajar SD-SMP di G10N harus berusia 12 tahun ke atas dan membawa Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) bagi yang sudah memiliki. Bisa pula dengan membawa Kartu Pelajar Sekolah.

“Kalau kebetulan KK-nya itu luar Surabaya, bisa menyertakan surat keterangan dari sekolah kalau anak itu bersekolah di tempat itu,” ujarnya.

Saat vaksinasi, siswa SD diimbau mengenakan seragam sekolah putih merah, sedangkan siswa SMP menggunakan seragam sekolah putih biru.

Supomo juga mengimbau para orang tua mendampingi anak-anaknya mengikuti vaksinasi di G10N. “Dengan adanya pendampingan dari orang tua, tentunya hal ini akan menambah spirit keberanian atau moral dari anak-anak tersebut,” ucap Supomo.

Supomo memastikan, ke depan semua anak-anak SD-SMP se-Surabaya akan mendapatkan vaksin. Namun, untuk pelaksanaan vaksinasinya akan dilaksanakan secara bertahap sembari menenuggu ketersediaan vaksin. “Semua anak Surabaya SD-SMP akan tervaksin,” pungkasnya.@budi

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun