LENSAINDONESIA.COM: Terus melonjaknya kasus positif Coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, berdampak besar pada kian mengkhawatirkannya ketersediaan tempat perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit. Panjangnya antrian pasien, mewarnai pemberitaan di berbagai media massa tanah air. Tak terkecuali di Kota Madiun, Jawa Timur.

Menanggapi membludaknya pasien Covid-19 di RSUD dr. Soedono Madiun, Polres Madiun Kota sigap mendirikan posko tenda darurat guna memfasilitasi keluarga pasien yang tengah dalam perawatan.

“Dengan adanya penambahan pasien Covid-19, Polres Madiun Kota mengambil inisiatif membantu mendirikan tenda dan velbed yang dipergunakan untuk keluarga pasien yang menunggu,” ujar AKP Danar Sukanta, Kasubbag Sarana dan Prasarana Polresta Madiun, Rabu (14/7/2021) siang.

AKP Danar mengungkapkan, pengadaan tenda darurat yang berisi 20 velbed tersebut merupakan kerjasama antara Polres Madiun Kota dengan pihak RSUD dr. Soedono.

“Ini diawali inisiatif Polres Madiun Kota kemudian berkoordinasi dengan pihak Rumah sakit. Kemudian rumah sakit mengijinkan,” terangnya.

Ia menjelaskan, tenda darurat ini berfungsi sebagai tempat istirahat keluarga pasien yang dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr. Soedono, khususnya pasien Covid-19.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polres Madiun Kota, sangat membantu dengan didirikannya tenda darurat. Tenda ini Insyaallah kami gunakan untuk penunggu pasien, melihat pasien IGD khususnya pasien Covid-19 sangat banyak. Terima kasih untuk tenda dan velbednya,” ucap Kepala Humas RSUD dr. Soedono Yanuar Kurniawan, S.E.

Yanuar mengatakan, pihak RSUD dr. Soedono sangat mengapresiasi inisiatif dan bantuan Polres Madiun Kota terhadap kondisi sektor medis saat ini. Dia juga berharap, kerjasama tersebut dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain dan berlanjut dalam jangka waktu yang lebih lama, hingga pandemi di Kota Madiun ini berangsur membaik.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut,” harap Yanuar.

Sementara itu, salah satu keluarga pasien merasa sangat terbantu dengan keberadaan tenda darurat yang didirikan oleh Polres Madiun Kota tersebut.

“Terima kasih kepada Kepolisian, semoga dengan tenda ini bisa membantu masyarakat yang keluarganya sedang dirawat,” ucap salah seorang keluarga pasien Covid-19 yang enggan disebutkan namanya. @Limad