LENSAINDONESIA.COM: Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh hewan kurban. Pemeriksaan sudah dilakukan sejak minggu lalu.

Kepala DKPP Kota Surabaya Yuniarto Herlambang mengatakan, pihaknya telah membentuk sebanyak 6 tim untuk memeriksa langsung setiap hewan kurban yang dijual di lapak-lapak.

Tim kesehatan akan memeriksa kondisi fisik hewan kurban yang meliputi mata, bulu, mulut, gigi, termasuk lendir dari hidung hewan kurban itu sendiri.

Dari hasil pemeriksaan terdapat ratusan hewan kurban dinyatakan layak untuk disembelih dan dikonsumsi.

“Alhamdulillah ratusan hewan yang telah diperiksa aman dan siap disembelih,” jelas Herlambang, Minggu (18/07/2021).

Sementara itu DKPP akan kembali melakukan pemeriksaan pasca penyembelihan khususnya kondisi daging dan organ dalam hewan yang dilakukan di tempat penyembelihan hewan kurban di masjid-masjid.

“Setelah pemeriksaan kesehatan, lalu pada hari H setelah disembelih dagingnya kita periksa lagi. Biasanya lokasinya berada di masjid-masjid,” ungkapnya.

Hingga saat ini DKPP belum menemukan kondisi hewan tidak layak kurban. Semua hewan yang dijual oleh pedagang hewan kurban dinyatakan layak untuk dikurbankan. Meskipun demikian terdapat beberapa hewan yang diberikan vitamin agar kondisi hewan tersebut lebih fit. Namun, secara keseluruhan semua hewan dinyatakan siap kurban.

“Nah yang seperti itu kita pantau. Kita beri vitamin dan kami datangi lagi. Itu biasanya butuh suplemen tambahan. Tapi semuanya kesehatannya fit,” urainya.@Budi