LENSAINDONESIA.COM: Pandemi Covid-19 berdampak luar biasa pada kehidupan masyarakat, terutama pada sektor perekonomian. Berbagai kebijakan diambil oleh pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat, yang notabene bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, malah menuai pro dan kontra di masyarakat, karena pembatasan-pembatasan tersebut juga berimbas pada sulitnya mata pencaharian mereka.

Tak sedikit yang harus kehilangan pekerjaan, atau pun penghasilannya menurun drastis. Sebagian ada yang mencoba beralih profesi, tetapi hanya bisa mendatangkan penghasilan yang juga kecil. Pandemi telah memporakporandakan kesejahteraan masyarakat.

Menyadari realita sulitnya kehidupan masyarakat di tengah masa pandemi ini, sejumlah warga Kabupaten Magetan tergugah untuk bahu membahu dalam meringankan beban masyarakat.

Warung Gotong Royong (WGR), komunitas sosial yang berada di jalan Semeru No.38, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini, terbentuk atas dasar kepedulian dan berbagi kepada sesama. Misi dari komunitas ini adalah untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong, dan saling berbagi, saling membantu di tengah masyarakat, terutama masyarakat Magetan.

Di masa pandemi ini, membantu warga Magetan yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) menjadi perhatian khusus bagi komunitas yang berdiri sejak Mei 2020 lalu. Hingga saat ini, sudah terdapat 82 WGR yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan. Cepatnya penyebaran WGR di desa-desa tersebut, tak lepas dari dukungan dan hasil koordinasi dengan masing-masing pemerintah desa setempat.

Menyiapkan paket sembako di posko, untuk didistribusikan ke WGR desa yang sudah terbentuk menjadi kegiatan rutin saban harinya. Paket-paket sembako tersebut disalurkan oleh WGR desa secara gratis kepada warga yang membutuhkan di tempat-tempat yang telah ditentukan. Jadi warga tinggal mengambil saja. Tak hanya paket sembako, masker dan VCO (Virgin Coconut Oil) juga dibagikan oleh WGR.

“Selain membantu warga Isoman ini, WGR sendiri pernah melaksanakan sejumlah program sosial, seperti peduli lansia dan janda/ duda serta anak yatim, dan juga takjil pada momen lebaran kemarin,” terang Sekretaris WGR Nanik Karsini kepada Lensaindonesia.com, Minggu (18/7/2021). “Untuk program selanjutnya, WGR akan menyediakan 300 botol VCO bagi warga Magetan yang Isoman,” tambahnya.

Nanik pun menjelaskan, seluruh bantuan yang disalurkan oleh WGR untuk warga yang membutuhkan ini, merupakan sumbangan dari para donatur, baik yang berasal dari Magetan ataupun luar Magetan.

Sebagai informasi, WGR dikelola secara mandiri, dan secara berkala pengurus melaporkan segala pemasukan dan pengeluaran kepada pihak donatur sebagai tanggung jawab.

“Harapan saya, keberadaan WGR ini bisa memberikan manfaat bagi warga Magetan baik yang membutuhkan, ataupun yang ingin menyalurkan bantuannya,” pungkas Nanik. @Limad