LENSAINDONESIA.COM: Deskera, aplikasi gratis ini memungkinkan bisnis berfokus pada pekerjaan invemtory diantaranya akuntansi, faktur, penjualan pembelian, inventaris, pajak, laporan keuangan hingga arus kas.

Melalui teknologi enkripsi disertai penyimpanan cloud, seluruh data pengguna dijamin aman dan bisa diakses dari mana saja.

Aplikasi inventory barang merupakan alat sistematis yang bisa mengawasi segala aktifitas pembelian barang atau mengontrol jumlah produk yang hendak dijual. Bahkan, aplikasi semacam ini juga berkemampuan melacak pesanan pelanggan.

Sebelumnya, beberapa bisnis kecil hingga menengah masih menggunakan software seperti Google Spreadsheet, Excel, dan alat manual lain hanya untuk melacak database inventaris.

Manfaat aplikasi inventory barang bukan hanya terbatas pada akurasi dan kemudahan yang ditawarkan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari aplikasi tersebut bagi perkembangan bisnis.

Aplikasi inventory barang bisa tingkatkan performa bisnis

Mayoritas orang menganggap stok merupakan aset paling berharga bagi satu perusahaan.

Selain itu, laporan sederhana dan analisa yang dihasilkan oleh aplikasi inventory barang bisa membantu untuk mengetahui produk mana saja yang bisa dijual secara cepat.

Di samping itu, bisa juga memiliki kemampuan mengelola stok, memproses, mengirim pesanan kepada pelanggan, dan mencetak label pengiriman. Sekaligus memperbarui daftar stok yang semuanya bisa dilakukan cukup dalam satu genggaman saja.

Minim biaya operasional bisnis dan mengoptimalkan profit

Menyimpan stok dengan cara menyewa gudang tertentu membutuhkan biaya cukup besar. Segala jenis biaya seperti penyimpanan, pajak, asuransi, dan faktor lain bisa berpotensi mengikis pendapatan bisnis.

Untuk itu, aplikasi inventory barang juga lebih akurat dan efisien dalam melakukan beberapa tugas. Dengan demikian, biaya secara keseluruhan bisa lebih diminimalkan, namun profitabilitas perusahaan bisa lebih ditingkatkan.

Sistem aplikasi inventory barang terintegrasi dengan bisnis apapun

Aplikasi inventory semacam ini berfungsi user management sehingga bisa membuat akun pengguna secara mudah untuk setiap karyawan sesuai departemen masing-masing.

Aplikasi ini juga dibuat dengan fungsi tasks and notes yang memungkinkan terjadinya kolaborasi di setiap anggota tim.

Mereka bisa saling berbagi informasi kepada pelanggan, supplier, dan lain sebagainya. Melalui cara ini pula, setiap orang memiliki visibilitas penuh hingga setiap pesanan tersebut sampai ke tangan pelanggan.

Tiap aplikasi inventory barang juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi kasir sehingga proses transaksi cenderung lebih mudah.

Pendataan transaksi secara otomatis

Tak ada satupun orang yang hanya ingin duduk diam sambil memasukkan data secara manual atau melakukan penghitungan rumit secara manual.

Selain membutuhkan waktu yang tidak sebentar, pencatatan manual seperti ini bisa memperlambat laju bisnis.

Untuk itu, aplikasi inventory ini sangat diperlukan. Jadi, setiap pesanan pembelian yang masuk bisa segera diproses secara cepat dan tepat.

Mampu deteksi overselling

Melalui aplikasi inventory, level persediaan barang perusahaan akan terus disesuaikan setiap terjadi penjualan. Bahkan, aplikasi ini akan mensinkronisasi catatan secara otomatis di semua kanal penjualan sehingga mengurangi kemungkinan overselling.

Kendalikan kuantitas stok barang

Dengan adanya sistem manajemen stok, Akan bisa lebih mudah melacak persediaan barang sekaligus mengatur pemesanan ulang secara otomatis pada tiap produk. Secara tidak langsung, sistem ini mengurangi risiko kehabisan stok.

Selain itu, juga bisa mengatur jadwal pemesanan ulang selagi menganalisa pola permintaan produk. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko pemesanan stok yang berlebihan.
Rekomendasi aplikasi inventory barang terbaik

Berikut ini ada lima rekomendasi aplikasi inventory terbaik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain:

Jurnal

Dikenal sebagai salah satu aplikasi inventory barang berbasis web di Indonesia, Jurnal menyediakan fitur ERP yang lengkap. Beragam fitur Jurnal untuk inventaris barang di https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/

Veeqo

Aplikasi Veeqo, perangkat lunak berbasis cloud ini disinkronkan dengan berbagai platform populer, seperti Amazon, Shopify, hingga eBay sehingga cocok digunakan oleh pengusaha yang memiliki bisnis di lokasi berbeda.

Selain itu, Veeqo menyediakan fitur pelacakan inventaris multi gudang di lokasi yang berbeda secara real-time.

Equip

Aplikasi inventory ini menyediakan solusi cukup lengkap bagi pengguna yang hendak mengelola inventaris di berbagai lini bisnis. Baik itu berupa toko grosir, ritel, makanan dan minuman, real estate, hingga manufaktur.

Seperti aplikasi pada umumnya, Equip menyediakan fitur untuk scan barcode, memantau jumlah stok di gudang, memantau proses pengemasan, hingga melacak barang yang dikirim ke pelanggan.

Netsuite

Netsuite bisa digunakan di berbagai skala bisnis, baik enterprise maupun start-up sekalipun. Bahkan, aplikasi inventory gratis ini bisa dipakai dengan 19 bahasa dan berfungsi di segala level. Mulai dari karyawan sampai manajer.

Melalui aplikasi ini pengguna bisa mengotomatiskan proses restock barang secara mudah dengan menyalakan notifikasi saat stok mulai berkurang ataupun mengatur tingkat minimum stok.@Rel-Licom