LENSAINDONESIA.COM: Pandemi Covid-19 memberi dampak besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, terutama pada aspek sosial dan ekonomi. Meski lebih ke arah dampak negatif, namun pada sisi lain, situasi kondisi pandemi ini membangkitkan kembali, dan bahkan memperkuat semangat gotong royong yang merupakan jati diri masyarakat Indonesia.

Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 terus mengalir dari berbagai pihak. Salah satunya, bantuan datang dari Yayasan Wings Peduli, yang diserahkan kepada Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) untuk disalurkan ke masyarakat, Rabu (21/7/2021) pagi.

Bansos berupa 512.282 kg beras tersebut, sedianya akan disalurkan kepada 51.228 KK yang berada di wilayah Kerja Korem 081, berdasarkan data penerima bantuan hasil koordinasi pemerintah Daerah, TNI, dan Polri.

“Sebagai wujud empati untuk Peduli dengan sesama, memberikan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak PPKM Darurat,” ujar Danrem 081 Kolonel Inf. Waris Ari Nugroho.

Danrem 081/DSJ tersebut menjelaskan, pendistribusian bansos tersebut melalui masing-masing Kodim, yang akan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Pembagiannya akan diserahkan langsung kepada warga yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan PPKM Darurat. Menurutnya, pembagian langsung ke warga merupakan cara yang efektif di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, agar tidak menimbulkan terjadinya kerumunan.

“Ini akan langsung didistribusikan ke Kodim-Kodim, kemudian diantar langsung oleh Babinsa dibantu Babhinkamtibmas, guna menghindari kerumunan,” terang Waris. “Tentunya ini berdasarkan data-data yang ada,” tambahnya.

Melalui Bansos ini, Danrem berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat akibat pandemi, dan terutama di masa penerapan PPKM Darurat saat ini.

“Mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban masyarakat karena kita bersama. Sebab situasi ini (pandemi COVID-19) sangat berdampak pada kehidupan masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Waris juga berpesan, agar seluruh jajaran petugas Korem 081/DSJ bisa menjadi teladan di tengah masyarakat, dalam memerangi Pandemi COVID-19, melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Ivan Ariyana Perwira, selaku General Manager PT. Cipta Gagas Lestari, sekaligus perwakilan PT. Wings wilayah Madiun Raya mengungkapkan, penerapan PPKM Darurat memberikan dampak pada menurunnya perputaran ekonomi masyarakat.

“COVID-19 memiliki dampak yang rentan secara ekonomi dengan menurunnya perputaran ekonomi. Maka dari pada itu kami (PT. Wings) melalui Yayasan Wings Peduli, memberikan CSR berupa bantuan 512 Ton beras ke warga,” ujar Ivan.

Ivan juga menjelaskan, Sasaran utama dari Bansos ini adalah masyarakat yang terdampak PPKM Darurat, yang disalurkan dengan bantuan dan berdasar atas data-data Korem 081.

Penyerahan Bansos yang digelar di Makorem 081 tersebut tampak dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Madiun Inda Raya, Dandim 081 Edwin Charles dan Wakapolres Madiun Kota Joes Indra Lana Wira. @Limad