LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Jombang untuk kali pertama berhasil meraih ‘Anugerah KPAI 2021’ dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penghargaan diserahkan secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting oleh Ketua KPAI, Dr Susanto, MA kepada Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab.

Ketua KPAI, Susanto mengatakan bahwa Anugerah KPAI Tahun 2021 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi dan pengawasan KPAI atas tindak lanjut surat nomor 1612/Sekrt-KPAI/12/2020. Surat tersebut perihal monitoring dan evaluasi penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak di Kementerian/Lembaga, Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota.

Pemerintah Kabupaten Jombang telah menyampaikan capaian penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis aplikasi SIMEP Perlindungan Anak tahun 2021.

Maka KPAI menetapkan Pemerintah Kabupaten Jombang sebagai penerima Anugerah Penghargaan dengan kategori sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki Komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021,” kata Susanto.

Penyerahan penghargaan Anugerah KPAI dengan tema “KPAI KUAT INDONESIA MAJU” diselenggarakan secara Virtual, dan diterima Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, bersama seluruh stakeholder dari ruang Media Center Kantor Pemkab Jombang, Kamis (22/07/2021) siang.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada KPAI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas dukungan dan kepercayaan Kepada Pemerintah Kabupaten Jombang yang telah memberikan apresiasi tersebut.

“Syukur Alhamdulillah atas kinerja kolektif dan sinergitas bersama seluruh stakeholder dan peran serta dukungan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Jombang menerima penghargaan ini,” ungkapnya.

Bupati Mundjidah berharap penghargaan ini semakin memotivasi dan memacu semangat bersama untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat khususnya perlindungan pada anak di Kabupaten Jombang, guna mewujudkan Masyarakat Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing.

Sementara, Nur Kamalia, Kepala BPPKB PPPA Kabupaten Jombang selaku leading sector menyampaikan bahwa ini adalah apresiasi kali pertama dari KPAI untuk Kabupaten Jombang pada tahun 2021. Kabupaten Jombang termasuk dari 10 Kabupaten Kota Se Indonesia yang masuk nominasi dan berhasil mendapatkan penghargaan dari KPAI.

“Ini adalah kerja kolektif dari Tim Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak, sinergi dengan lintas sektor terkait, stakeholder, institusi instansi, lembaga masyarakat, organisasi perempuan, organisasi kemasyarakatan dalam upaya melakukan pencegahan terjadinya kekerasan terhadap anak,” paparnya.

Pihaknya menegaskan secara bersama akan terus berkomitmen melakukan pencegahan, penanganan dalam rangka menuntaskan kasus anak sampai penyelesaian hingga pelaporannya. Sehingga kasus anak di Kabupaten Jombang Jawa Timur bisa tertangani dengan baik.

“Bersama penegak hukum kami juga berkomitmen untuk menuntaskan kasus kekerasan terhadap anak. Dan kita juga menindaklanjuti, jika ada anak yang ingin melanjutkan sekolah kembali, kami akan membantu anak sampai masuk kembali kesekolah, kita juga lakukan pendampingan sosial, psikologi maupun hukum, sehingga anak diupayakan mendapatkan hak yang sama dan terlindungi,” pungkas Nur Kamalia.@Obi