LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Madiun Maidi, didampingi Camat Kartoharjo Anita Maharani, S.STP., MM., dan Lurah Kanigoro Sunarto melakukan peninjauan langsung Program Pemerintah Kota Madiun terkait 1 (satu) Dapur 1 (satu) RT (Rukun Tetangga) untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri (Isoman) di Perum Asabri, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jumat (23/7/2021) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Maidi terjun langsung ke dapur umum perumahan Asabri, untuk memesankan makan siang, dan juga memberikan paket susu, madu, hingga obat-obatan ke dalam satu paket kemasan. Kemudian, ia pun menyerahkan paket tersebut secara langsung ke rumah warga yang menjalani Isoman.

“Setiap ada permintaan yang isoman segera kita dahulukan. Ketika ada yang baru isoman, langsung segera kita wujudkan dapurnya,” ujar Maidi.

Wali Kota Madiun itu juga mengapresiasi kerukanan warga di lingkungan tersebut, karena saling bahu membahu dalam keadaan yang serba sulit di masa pandemi ini.

“Alhamdulliah, warga RT ini luar biasa. Dengan adanya Covid ini, daya ungkit kebersamaanya sangat luar biasa,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Sekretaris Daerah Kota Madiun itu juga menyampaikan terkait sumber bantuan untuk warga isoman, seperti obat-obatan dari Dinas Kesehatan, donasi yang masuk dari luar diarahkan ke BPBD, masker berasal dari Pemerintah Daerah, sembako merupakan sumbangan dari Korpri, Dana Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) untuk lauk pauknya, dan air mineral dari dana sosial PDAM.

“Kalau dana ini nanti kurang, selebihnya dari pemerintah semuanya. Insya Alah, semuanya berjalan dengan cukup bagus,” kata Maidi.

“Walaupun sudah banyak warga sekitar yang membantu isoman, namun pemerintah tetap hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban. Dan untuk isoman hari ini kurang lebih ada 300 sekian. Untuk dapur umum sudah dibuka di lima kelurahan yang isomanya terbanyak,” paparnya menambahkan.

Orang nomor satu di Kota Madiun itu pun berpesan pada masyarakat, untuk lebih tanggap dengan kesehatan badan, dan ketika merasakan adanya gejala Covid, segera ditindak lanjuti dengan suplemen.

“Jika ada warga yang sudah merasa badannya tidak enak, langsung cepat minta vitamin. Sudah saya sediakan di Ketua RT masing-masing,” pesan Maidi. “Kalau diberi vitamin tidak mempan, langsung segera ke puskesmas terdekat,” pungkasnya. @Limad