LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstruksikan kepada jajaran Relawan Surabaya Memanggil, Kepala Perangkat Daerah (PD), Camat, Lurah, dan kepala Puskesman terus menggencarkan sosialisasi pentingnya Rumah Sehat sebagian tempat perawatan dan isolasi mandiri (Isoman).

Upaya ini dilakukan setelah rencana mendirikan Rumah Sehat bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 Tanpa Gejala (OTG) dan gejala ringan mendapat penolakan dari warga.

Eri menyampaikan, Rumah Sehat berperan penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 serta mencegah terjadinya klaster keluarga.

“Upaya (mendirikan Rumah Sehat) ini kami buat untuk mengamankan dan menyelamatkan warga di masing-masing kelurahan. Agar ketika ada salah satu warganya yang terpapar tidak menularkan ke anggota keluarga lainnya maupun tetangganya,” jelasnya saat pertemuan secara virtual Sabtu pagi (24/07/2021).

Kerena itu, Eri meminta kepada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 melakukan Isoman di Rumah Sehat yang telah disediakan. Sebab,melakukan Isoman di rumah yang kurang layak, maka hal itu bisa berpotensi menularkan viris kepada keluarga dan orang di sekitar lingkungannya.

“Makanya kami minta untuk pasien yang terpapar itu untuk segera berpindah tempat dan mengisolasi diri di tempat-tempat tersebut. Dan sembari keluarga yang di rumah masih menunggu hasil swab tidak diperbolehkan keluar agar tidak membahayakan warga sekitar. Itu yang kita inginkan,” paparnya.

Eri awalnya ingin mendirikan Rumah Sehat di Setiap RT/RW. Namun karena keadaan yang tak memungkinkan, khususnya terkait tempat, sehingga dirinya memutuskan untuk mendirikan di Setiap kelurahan.

Fasilitas Umum seperti sekolah dipilih karena dinilai layak dijadikan Rumah Sehat karena telah terbentuk ruangan-ruangan, tersedia toilet, serta ventilasi yang sangat memadai guna merawat pasien terkonfirmasi.

“Sebenarnya Rumah Sehat ini seharusnya didirikan di tingkat RW. Namun karena keterbatasan tempat dan jumlah satgasnya, maka terbentuklah di tingkat kelurahan dengan memanfaatkan fasilitas umum sebagai lokasi Isoman,” ungkapnya.@Budi