LENSAINDONESIA.COM: Windy Cantika Aisah berhasil mengharumkan nama Indonesia di “Olimpiade Tokyo”. Windy sukses menjadi penyumbang medali pertama bagi Tanah Air di kancah tertinggi perhelatan olahraga dunia tersebut, melalui cabor angkat besi.

Turun di kelas 49 kg wanita, Windy Cantika Aisah sukses mengangkat total berat 194 kg, serta clean dan jerk 110 kg. Dengan catatan tersebut, ia berhak atas medali perunggu di Olimpiade Tokyo, Sabtu (24/7/2021).

Medali perak diraih atlet asal India, Chanu Mirabai yang berhasil menorehkan catatan angkatan total 202 kg, snatch 87 kg, serta clean dan jerk 115 kg. Sedangkan medali emas disabet atlet China, Hou Zhihui dengan total angkatan 210 kg, snatch 94 kg, clean dan jerk 116 kg.

Raihan Windy Cantika Aisah ini menjadi medali perdana bagi Indonesia di ajang empat tahunan tersebut.

Lantas, siapakah sosok Windy Cantika Aisah? Berikut Profil Singkatnya.

Windy Cantika Aisah adalah gadis kelahiran Bandung, 11 Juni 2002. Siti Aisah, sang Bunda juga seorang atlet angkat besi yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi pada tahun 1988. Dalam kejuaraan tersebut, Siti Aisah meraih medali perunggu.

Rasa kecintaan Windy pada cabor angkat besi, ternyata sudah ditumbuhkan sejak kecil oleh Siti Aisah. Ia pun mulai terjun ke dunia angkat besi, sejak duduk di kelas dua Sekolah Dasar (SD). Sehingga, tak mengherankan apabila Windy menjadi langganan juara di kompetisi nasional maupun internasional.

Sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo ini, dara 19 tahun tersebut sukses memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg Junior, dengan total angkatan 190kg (snatch 86kg, clean dan jerk 104kg) pada SEA Games 2019 Filipina.

Kemudian, prestasinya berlanjut di Kejuaraan Asian Junior Championship di Tashkent, Uzbekistan pada Februari 2020.

Tiket Olimpiade Tokyo 2021 berhasil didapatkannya, saat mengikuti Asian Championship di Taskhent, Uzbekistan pada April 2021. Pada kejuaraan itu, Windy berhasil mencatat total angkatan 189 kg (snatch 87 kg, clean dan jerk 102 kg).

Sebelum berangkat ke Tokyo, pada bulan Mei 2021 lalu, Windy masih sempat menyabet medali emas di IWF Junior World Championship di Tashkent, Uzbekistan. Medali emas tersebut diraihnya dengan total angkatan 191 kg (snatch 86 kg, clean dan jerk 105 kg).

Berikut adalah prestasi yang pernah diraih oleh Windy Cantika Aisah:

  • Medali Emas IWF Junior World Championship 2021, Tashkent, Uzbekistan.
  • Medali Emas Asian Junior Championship 2020, Tashkent, Uzbekistan.
  • Medali Emas SEA Games 2019 Filipina.
  • Medali Perak Asian Junior Championship 2019, Pyonyang, Korea Utara.
  • IWF Junior World Championship 2019, Pattaya, Thailand.
  • Serta sejumlah prestasi di berbagai kejuaraan tingkat nasional.

@LI-Digimagz