LENSAINDONESIA.COM: Dukungan dan kepedulian antar masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19 menjadi sesuatu yang teramat berharga. Khususnya bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman), memperoleh dukungan dan kepedulian dari lingkungan sekitar, menjadi sebuah obat yang ampuh untuk segera sembuh.

Pun hal tersebut sangat disadari oleh anggota Pekarangan Pangan Lestari (P2L) RW XI, Kelurahan Taman, Kota Madiun, yang kembali membagikan paket sayur untuk warga isoman di kawasan Kelurahan Taman, Minggu (25/7/2021) pagi.

Khusus dalam kegiatan bakti sosial kali ini, anggota P2L Taman Lestari mengumpulkan hasil panen rumahan mereka. Sayur mayur tersebut disatukan dan dikemas dalam satu kemasan paper bag ramah lingkungan. Setelah terkumpul 20 paket sayuran, bingkisan tersebut siap dibagikan sesuai data isoman di daerah kawasan Kelurahan Taman.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Taman Dr. Siska Diana Sari, SH., M.H., dan Ketua P2L Taman Lestari Kurnia Fidia Wati ikut turun langsung untuk memberikan paket sayur sembari memberikan support kepada warga yang menjalani isoman agar lekas pulih kembali.

“Seperti yang kita tahu saat ini, tingkat penyebaran konfirmasi Covid-19 di Kota Madiun khususnya cukup tinggi. Rumah Sakit penuh dan oksigen langka. Dengan kegiatan ini kita coba sedikit berbagi,” ujar Siska Diana Sari yang juga menjabat sebagai Pembina Kelompok Tani Taman Lestari P2L itu.

Istri Lurah Taman tersebut menambahkan, program yang merupakan inisiatif para anggota P2L ini merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan.

Selain berbagi sayuran organik hasil panen, P2L Taman Lestari juga ingin mengedukasi tentang manfaat sayur melalui catatan yang diselipkan pada paper bag. Tak hanya itu, pada catatan tersebut juga tertulis ucapan lekas sembuh, sebagai bentuk doa dan dukungan bagi para penerima bantuan.

Siska Diana juga menuturkan, warga Isoman bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab bersama sebagai sebuah bentuk kepedulian kepada sesama.

“Apa yang kita miliki, apa yang kita bisa, itu yang kita bagikan. Karena warga isoman selain butuh untuk memulihkan kesehatan, mereka juga butuh memulihkan pikiran atau mentalnya. Ditambah dengan perhatian dan kemudian sedikit hasil panen, semoga dapat menambah imun,” pungkasnya. @Limad