LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain, untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, serta memberikan pengakuan pada upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah, pemerintah mengadakan Program Kampung Iklim (Proklim) gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas.

Pelaksanaan Proklim sendiri mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim. Dan Kota Madiun menjadi salah satu daerah yang turut berpartisipasi dalam Proklim Nasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Untuk Kota Madiun, terdapat enam kelurahan yang terpilih untuk mengikuti Verifikasi Proklim Nasional, yakni Kelurahan Klegen, Kanigoro, Pandean, Kartoharjo, Taman dan Pangongangan.

Bertempat di gedung GCIO Kota Madiun, keenam kelurahan tersebut pun mengikuti Verifikasi Lapangan (verlap) yang digelar secara virtual, Rabu (28/7/2021) hingga Kamis (5/8/2021) mendatang.

Dalam pelaksanaannya, verlap tersebut melibatkan tiga konektivitas, yakni Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Jabalnusa (Jawa, Bali, Nusa Tenggara), GCIO Kota Madiun, dan RW 06 Kelurahan Klegen, yang merupakan lokasi pertama yang dipresentasikan.

Selain itu, proses verifikasi tersebut melibatkan asesor dari Kementerian LHK C. Ugik Margiyatin, S.Sos., M.Sc., Seto Cahyo, S.Hut., dan I Nyoman Bintare Prayudi, S.T.

Dalam kegiatan tersebut, RW.06 Kelurahan Klegen sebagai lokasi pertama yang diverifikasi, mempresentasikan Indikator Mitigasi Perubahan Iklim, Indikator Adaptasi Perubahan Iklim dan Indikator Kelembagaan dalam Pengelolaan Pengendalian Perubahan Iklim.

Sementara itu, Kasie Pencegahan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Eko Djoko Soenarso, S.AP., berharap enam kelurahan yang telah diajukan DLH Kota Madiun tersebut, dapat lolos verifikasi Proklim. Sehingga, mampu memberi dampak positif terhadap masyarakat tentang pengelolaan lingkungan.

“Bisa memberikan hasil yang positif dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sebagaimana komitmen kepala daerah (Wali Kota Madiun) dan menularkan kepada daerah atau kelurahan lain untuk menjadi kampung iklim selanjutnya,” pungkas Eko.

Sebagai informasi, berikut adalah urutan jadwal verifikasi lapangan Program Kampung Iklim untuk enam kelurahan di kota Madiun:

  1. Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo (28/7/2021).
  2. Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo (29/7/2021).
  3. Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman (2/8/2021).
  4. Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo (3/8/2021).
  5. Kelurahan Taman, Kecamatan Kartoharjo (4/8/2021).
  6. Kelurahan Pangongangan, Kecamatan Manguharjo (5/8/2021).

@Limad