LENSAINDONESIA.COM: Peran Teknologi Era Pandemi. Geliat industri tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Dewasa ini, pelaku industri yang bergerak pada bidang Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia juga sedang berjuang untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai salah satu penggerak ekonomi bangsa, para pelaku UMKM seakan ditantang untuk memanfaatkan jaringan digital guna menjalankan bisnis secara maksimal.

Selain untuk menjalankan usaha, teknologi juga digunakan untuk menjalankan kepatuhan pajak. Jika dulu semua dilakukan secara manual, kini lewat bantuan digitalisasi kepatuhan pajak bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini senada dengan bangkitnya revolusi industri 4.0 yang dianggap menambah efisiensi lingkungan kerja yang lebih fleksibel dan manajemen waktu yang dianggap vital.

Semakin Mudah Kelola Transaksi Bisnis dan Perpajakan Bersamaan

Memenuhi kewajiban pajak merupakan keharusan bagi setiap wajib pajak. Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi sekarang pun tidak menghalangi wajib pajak untuk melaksanakan kepatuhan pajaknya karena kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka bisa dilakukan dalam jarak jauh melalui aplikasi OnlinePajak.

PT Achilles Advanced Systems atau yang lebih dikenal dengan OnlinePajak merupakan penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Didirikan sejak September 2014, OnlinePajak membantu pemerintah dalam menyederhanakan sistem perpajakan di Indonesia lewat layanan yang mudah, terjangkau, dan terintegrasi.

Membantu Pengusaha UMKM Indonesia dalam Mengelola Payroll dan Pajak Karyawan

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam membangun ekonomi nasional. Setiap pelaku UMKM memiliki kewajiban untuk menjalankan pembayaran pajak. Sebagai pelaku UMKM dengan omzet maksimal Rp4,8 miliar dalam setahun, Anda akan dikenakan tarif PPh Final 0,5%.

Tarif ini tertuang dalam PP Nomor 23 Tahun 2018 tentang PPh Atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Memahami kebutuhan Anda sebagai pelaku di bidang UMKM yang juga merupakan wajib pajak, OnlinePajak memberikan solusi bagi Anda untuk menjalankan kepatuhan pajak. Mulai dari bayar dan lapor PPh Final, mengelola invoice, hingga membuat bukti potong.

Anda juga dapat menikmati sistem payroll terutama dalam urusan hitung, setor dan lapor PPh 21 untuk Pajak Karyawan. Karena aplikasi ini berbasis web, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi, semua proses perpajakan bisa Anda lakukan dalam 1 aplikasi secara online kapan saja dan di mana saja.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di OnlinePajak?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat melakukan berbagai kewajiban perpajakan, terutama Anda yang berkecimpung di dunia UMKM. Berikut ini layanan dan keunggulan yang dapat Anda nikmati di OnlinePajak.

Invoice/e-Faktur

Dengan OnlinePajak, Anda dapat merekam invoice secara otomatis dan mengirimkannya langsung dalam jumlah banyak sekaligus ke lawan transaksi secara lebih cepat. Selain itu, melalui aplikasi invoice gratis ini, Anda bisa melakukan penghitungan PPN secara otomatis, dan penyampaian SPT Masa PPN.

Jika Anda berstatus Pengusaha Kena Pajak, Anda juga dapat membuat faktur pajak dan mengirimnya ke lawan transaksi Anda secara instan, tanpa perlu mencetaknya melalui aplikasi e-Faktur OnlinePajak. Secara sederhana, berikut ini yang dapat Anda nikmati dalam fitur e-Faktur OnlinePajak:

● Invoice dan faktur pajak 1 dalam aplikasi

● Kirim invoice & faktur pajak otomatis

● Faktur Pembelian Terekam Otomatis

● Validasi NPWP

● Alokasi NSFP Otomatis

● QR Code Scanner

● Rekonsiliasi PPN Otomatis

Payroll & PPh21

Di samping itu, OnlinePajak juga memberikan kemudahan dalam sistem payroll, terutama dalam urusan hitung, setor, dan lapor PPh 21 online untuk Pajak Karyawan. Dalam fitur ini, Anda dapat melakukan:

● Hitung Otomatis PPh 21 dengan Pilihan Metode Perhitungan (Gross, Gross Up, dan/atau Nett) serta Perhitungan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang terintegrasi.

● Bayar SPT Masa PPh 21 dengan PajakPay.

● Lapor SPT Masa PPh 21

● SPT Tahunan Pribadi

● Buat dan Kirim Slip Gaji ke Seluruh Karyawan secara Praktis

● Kelola Payroll dan Pajak Karyawan Secara Terintegrasi di Portal Karyawan OnlinePajak

PPh Final

Melalui layanan PPh Final OnlinePajak Anda dapat meningkatkan produktivitas usaha saat menyetor dan melaporkan pajak. Lacak pengeluaran, penjualan, omzet, profit secara lebih mudah. Rekam data secara otomatis, hitung dan setor PPh Final usaha Anda dengan OnlinePajak. Sekiranya, ini yang dapat Anda nikmati dalam fitur PPh Final OnlinePajak

● Kalkulasi Pajak Otomatis

● Efisien dan Hemat Waktu

● Keamanan Data

e-Bupot PPh Pasal 23/26

OnlinePajak juga menyediakan layanan e-Bupot untuk melakukan pembuatan bukti potong dan pelaporan PPh Pasal 23/26 dalam bentuk elektronik. Hanya dengan sekali klik, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

● Lihat daftar dan status masing-masing bukti potong yang sudah dibuat dengan lebih mudah.

● Pantau status impor dan dapatkan notifikasi saat terjadi kesalahan

● Buat bukti potong PPh 23/26 dengan melengkapi seluruh detail transaksi.

● Impor bukti potong dari Excel, dan kelola bukti potong dalam jumlah banyak secara lebih mudah.

Bersama OnlinePajak, wajib pajak dapat mengelola invoice, slip gaji, hingga mengelola pajak UMKM dengan nyaman, dan mempercepat proses tanpa menghambat transaksi bisnis Anda. Yuk, mulai sekarang!@licom/Adv