LENSAINDONESIA.COM: Hari ini, 2 Agustus 2021 merupakan batas akhir Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk wilayah Jawa-Bali. Meski begitu, belum ada keputusan resmi dari Presiden Republik Idonesia Joko Widodo (Jokowi) apakah PPKM level 4 untuk menekan pandemi virus COVID-19 itu benar-benar akan diakhiri atau akan kembali diperpanjang.

Diketahui bersama sejak perpanjangan PPKM level 4 mulai 26 Juli lalu, kasus COVID-19 harian di dua wilayah itu mengalami naik turun. Saat itu, kasus harian berada di angka 28 ribuan, namun sempat melonjak drastis di hari kedua dan kini kembali menurun di angka 30 ribuan kasus.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Syafrizal menyampaikan, bahwa keputusan terkait PPKM level 4 akan diumumkan pemerintah hari ini. Pengumuman akan kembali disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi.

“Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir,” katanya pada wartawan di Jakarata, Minggu (01/08/2021).

Menurut Syafrizal, kebijakan yang akan diambil pemerintah akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan. Dia mengatakan keselamatan warga adalah hukum yang tertinggi.

Sementara itu, Kemendagri akan mengikuti keputusan Jokowi terkait PPKM. Nantinya Kemendagri bersama pemerintah daerah siap menerapkan aturan tersebut.

“Kementerian Dalam Negeri beserta seluruh tingkatan pemerintahan, mulai dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota sampai dengan Kelurahan dan Desa berada dalam satu tekad untuk mensukseskan kebijakan apapun yang diambil oleh Bapak Presiden esok hari (hari ini),” tuturnya.@LI-13