LENSAINDONESIA.COM: Masih terus meningkatnya angka kasus positif COVID-19 beberapa waktu terakhir, menjadikan rumah sakit di berbagai wilayah Indonesia mengalami full capacity dan bahkan over capacity. Untuk mengatasinya, Pemerintah terus mencari solusi terbaik untuk menyediakan alternatif fasilitas perawatan dan pengobatan bagi para pasien COVID-19.

Salah satunya adalah Kapal “Isolasi Terpusat Terapung” (Isoter Terapung) COVID-19, yang merupakan sebuah terobosan yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian BUMN Republik Indonesia. Isoter Terapung ini adalah armada kapal penumpang PT PELNI (Persero) yang tengah berhenti beroperasi akibat pandemim sedangkan pengalih fungsian kapal-kapal ini menjadi Isoter Terapung COVID-19 di Pulau Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan.

“Kementerian Perhubungan siap untuk berperan aktif mendukung penanganan COVID-19 dengan menginisiasi Kapal Isolasi Terpusat Terapung COVID-19 menggunakan sebagian armada PT PELNI yang tidak beroperasi selama pandemi. Bersinergi dengan Kementerian BUMN, dan dengan dukungan Kementerian Kesehatan RI, Satgas Penaganan Covid 19 dan Pemerintah Daerah setempat, kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan sesuai standar medis demi kenyamanan pasien,” terang Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Bak gayung bersambut, Menteri BUMN RI Erick Thohir menyambut baik PELNI (Persero) sebagai salah satu BUMN, untuk ikut berperan dalam penanggulangan COVID-19 melalui terobosannya mengubah fungsi Kapal Penumpang menjadi lokasi Isolasi Terpusat Terapung.

Sebagai upaya membantu biaya operasional Kapal Isolasi Terpusat Terapung pasien COVID-19 di beberapa wilayah Indonesia tersebut, PT. ELANG MAHKOTA TEKNOLOGI, Tbk (EMTEK) menggelar konser charity bertajuk “Konser Amal Indonesia Tangguh”, yang rencananya akan ditayangkan secara LIVE serentak di tiga televisi swasta dan satu aplikasi yang berada di bawah naungannya, yakni SCTV, INDOSIAR, O Channel, serta aplikasi Vidio.com pada hari Minggu (8/8/2021), pukul 13.00 WIB-15.30 WIB.

Gelaran “Konser Amal Indonesia Tangguh” tersebut akan mengumpulkan donasi, antara lain melalui lelang barang berharga atlet-atlet Indonesia peraih medali Olimpiade Tokyo 2020. Para atlet kebanggaan Indonesia akan memberikan barang berharganya yang digunakan saat meraih medali Olimpiade Tokyo 2020 untuk dilelang, dan selanjutnya semua uang yang terkumpul akan didonasikan.

Para atlet tersebut adalah: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Eko Yuli Irawan, Anthony S. Ginting, Windy Cantika dan Rahmat Erwin Abdullah. Deretan penyanyi ternama tanah air juga tidak ketinggalan memberikan penampilan terbaiknya untuk menggalang donasi dari pemirsa, yakni: Iwan Fals, Rossa, Padi Reborn, Dewi Perssik, Lesti DA, Rizky Billar, Fildan DA, Daniel Christianto, Gabriel Harvianto, serta penampilan istimewa dari artis-artis Sinemart All Stars, serta dipandu oleh Ruben Onsu, Dazen Vrilla dan Sheila Purnama.

Bahkan, tak ketinggalan Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, masing-masing akan membawakan sebuah puisi sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian kepada kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Untuk diketahui, para pejabat, atlet, penyanyi, host, dan seluruh pengisi acara yang terlibat dalam konser ini, sudah menyatakan komitmennya berpartisipasi tanpa mendapatkan honor.

Managing Director EMTEK Group Sutanto Hartono menyampaikan rasa optimisnya bahwa Indonesia bisa melalui wabah ini dengan saling bergandengan tangan satu sama lain. Ia pun mengungkapkan, Konser Amal Indonesia Tangguh ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian EMTEK Group atas upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. EMTEK Group berbangga dapat berpartisipasi aktif dengan menyiarkan dan menyebarluaskan energi positif lewat Konser Amal Indonesia Tangguh, melalui berbagai platform yang dimilikinya.
“Seluruh hasil pendapatan mulai dari sponsorship dan iklan dalam Konser Amal ini akan disumbangkan penuh untuk biaya operasional Kapal Isolasi Terpusat Terapung COVID-19 di seluruh Indonesia,” Ungkap Sutanto.

Sementara itu, Ketua umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Imam Sudjarwo, yang juga berada di bawah naungan EMTEK Group, menyampaikan bahwa YPP terus bergerak sejak awal masa pandemi di awal tahun 2020 lalu hingga saat ini, dengan menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, termasuk ke berbagai rumah sakit di seluruh penjuru Indonesia. Kali ini YPP kembali di percaya mengemban amanah untuk menyalurkan langsung donasi operasional Kapal Isolasi Terpusat Terapung bagi Pasien COVID-19.

“Semoga Kapal Isolasi Terpusat Terapung Pasien COVID-19 ini dapat menjadi alternatif solusi yang optimal di tengah melonjaknya kebutuhan akan keterbatasan daya tampung fasilitas medis dan Indonesia dapat segera kembali pulih,” harapnya.

Semangat dan optimisme yang dipersembahkan oleh para atlet, penyanyi dan host dalam konser ini, diharapkan dapat menebarkan energi positif bagi masyarakat Indonesia untuk tetap tangguh menghadapi wabah COVID-19. Sang “Living Legend” Iwan Fals seolah menegaskan hal ini lewat lagunya, mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh.

“Hanya bangsa yang tangguhlah yang bisa melewati badai,” ujarnya.

Dalam gelaran konser tersebut, secara virtual, sang Diva Pop Indonesia Rossa, dan penyanyi dangdut ternama Dewi Perssik akan menceritakan pengalaman mereka sebagai penyintas COVID-19. Artis senior Anwar Fuadi pun akan berbagi kisah dukanya kehilangan orang tercinta, akibat terpapar COVID-19.

Selain itu, pemirsa dan masyarakat juga akan diajak untuk melihat lebih dekat, potret pengorbanan, semangat serta perjuangan para pahlawan medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi ini, salah satunya yang terjadi di Wisma Atlet sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19.

Tak ketinggalan, berbagai cerita inspiratif dan kisah heroik dari berbagai kalangan masyarakat yang berjuang menghadapi masa pandemi juga akan disajikan dalam Konser Amal Indonesia Tangguh. Melalui konser ini, EMTEK Grup mengajak pemirsa untuk melihat bahwa semangat gotong royong dapat menjadi satu kekuatan untuk tetap optimis dan bangkit kembali. Bersama Menjadikan Indonesia Tangguh, Indonesia Sembuh dan Indonesia Tumbuh.

Sebagai informasi, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih masih terus menerima partisipasi masyarakat yang juga ingin mendukung perjuangan para tenaga medis dan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di berbagai penjuru Indonesia, melalui nomor rekening tunggal di Bank Mandiri (122.00.5578.2000) atas nama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, atau bisa melalui scan QR Code di aplikasi e-wallet / mobile banking. Sepanjang berlangsungnya Konser Amal Indonesia Tangguh hingga kurun waktu sebulan ke depan, pemirsa dapat langsung mendonasikan uangnya dengan skema tersebut di atas. Hasil donasi di akhir acara, bersama seluruh hasil pendapatan mulai dari sponsorship dan iklan dari Konser Amal ini akan sepenuhnya disumbangkan untuk membantu pengoperasian Kapal Isoter Terapung COVID-19 di seluruh Indonesia. [*]