LENSAINDONESIA.COM: Saat ini mengelola bisnis bisa dilakukan juga secara online. Bahkan apabila dikelola secara online jumlah penjualan bisa mengalami peningkatan. Itulah kenapa banyak sekali pemilik bisnis memanfaatkan platform WA web untuk kemajuan usaha yang mereka jalankan.

Dengan memanfaatkan platform dari WhatsApp ini. Pengelolaan bisnis bisa berjalan dengan lebih baik. Bahkan, bisnis tidak akan mengalami hambatan sama sekali meski dalam kondisi yang cukup besar seperti pandemi akibat Covid-19 atau penyakit lainnya.

Cara Mengelola Akun WA Web untuk Bisnis

Seperti yang kami rangkum dari laman Suratkabar.id, Pengelolaan akun bisnis bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal. Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini.

1. Bagi Pemegang Akun (Shift)

Pastikan untuk selalu membagi akun kepada para pekerja atau pegawai. Pembagian akun ini dilakukan agar pengelolaan bisa berjalan dengan baik. Biasanya suatu perusahaan memiliki tempat untuk menyimpan berbagai jenis aset mulai dari username hingga password.

Pemegang akun juga harus mengikuti jadwal yang sudah dibagi. Dengan begitu mereka bisa bekerja secara shift. Ada yang bekerja saat pagi hari dan ada juga yang bekerja di malam hari. Apabila tidak aktif selama 24 jam, berikan informasi jam kerja kepada para calon pembeli.

2. Bedakan Akun Penjualan dan Kerja Sama

Ada baiknya untuk menyiapkan minimal dua akun yang digunakan untuk mengelola bisnis. Pertama adalah akun yang digunakan untuk melakukan kerja sama dengan banyak pihak. Intinya akun ini berhubungan dengan kantor atau manajemen secara langsung.

Kedua adalah akun yang berhubungan dengan penjualan dan tetek-bengek di sekitarnya. Akun ini dipakai untuk melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Selain itu bisa juga dipakai untuk melakukan proofing kepada calon konsumen agar mau melakukan pembelian.

Dengan membedakan dua akun ini maka pengelolaan bisnis bisa berjalan dengan baik. Tidak akan ada bagian yang bercampur satu dengan lainnya. Dengan begitu jika terjadi pemeriksaan tidak akan mengalami masalah karena semuanya campur aduk.

3. Lakukan Pengarsipan Berkala

Meskipun dikelola dengan menggunakan WA web, ada baiknya untuk tetap selalu melakukan penjadwalan untuk mengarsipkan. Proses pengarsipan ini biasanya dilakukan pada ponsel dengan durasi yang berbeda-beda.

Ada yang menjaga kan setiap 1 hari sekali dan ada juga yang mendakwahkan satu minggu sekali. Karena digunakan untuk bisnis maka penjadwalan disarankan untuk dilakukan setiap 1 hari sekali. Proses pengarsipan ini dilakukan untuk memudahkan proses pengecekan di kemudian hari.

4. Menamai Customer

Setiap melakukan transaksi dengan para konsumen ada baiknya untuk selalu menemani mereka. Hal ini dilakukan apabila konsumen sudah melakukan transaksi pembayaran sehingga proses pengecekan bisa dilakukan dengan mudah.

Penamaan bisa dilakukan dengan nama asli dari konsumen tersebut dan juga nomor order yang dilakukan. Hal ini akan memudahkan pencarian sehingga proses pengiriman barang tidak akan mengalami kesalahan.

5. Login dan Logout secara Berkala

Ada baiknya untuk selalu melakukan login dan juga logout secara berkala. Apabila sudah tidak menggunakan lagi WhatsApp pada komputer ada baiknya untuk dikeluarkan terlebih dahulu.

Seperti halnya GB Whatsapp, Umumnya WhatsApp tidak akan mengalami logout secara otomatis sehingga jika orang lain membukanya maka secara otomatis platform tersebut akan terbuka tanpa perlu memasukkan password terlebih dahulu.

Ternyata WA web bisa digunakan untuk melakukan pengelolaan bisnis dengan sangat baik. Anda bisa menggunakannya tidak hanya sebagai alat untuk melakukan komunikasi dengan konsumen saja. Whatsapp juga bisa digunakan untuk melakukan peningkatan closing.

Itulah kenapa setiap pemilik bisnis disarankan untuk memiliki akun Whatsapp versi bisnis. Dengan begitu akun yang mereka kelola bisa berjalan dengan baik sehingga bisnis bisa berjalan dengan lebih profesional. Dengan begitu peluang untuk maju akan semakin besar.*