LENSAINDONESIA.COM: Untuk membuat invoice atau faktur tagihan dalam perusahaan atau bisnis pribadi, maka saat ini sudah banyak muncul aplikasi invoice terbaik yang mudah digunakan. Hanya dengan smartphone android dan juga PC, Anda sudah bisa membuat faktur pembayaran atau invoice online dengan mudah.

Dalam hal membuat invoice atau membuat faktur pembayaran dan penagihan secara manual memang terlalu banyak memakan waktu, apalagi jika ada data laporan keuangan yang kurang baik tentu ini akan memakan waktu lama.

Untuk mempermudah hal itu semua, maka Anda butuh satu aplikasi untuk membuat invoice jauh lebih mudah, cepat, dan juga praktis. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan 20 Rekomendasi Aplikasi Invoice Terbaik 2021 berikut.

Aplikasi Pembuat Invoice Gratis

1. Jurnal

Jurnal menjadi salah satu aplikasi pembuat invoice yang berbasis cloud, dimana untuk program ini cocok untuk kebutuhan bisnis berskala kecil sampai menengah atau sektor UMKM. Aplikasi ini terbilang mudah, juga gratis digunakan, dilengkapi fitur menarik dan lengkap sehingga pekerjaan keuangan jauh lebih mudah.

Jurnal memiliki fitur lengkap seperti yang dijelaskan di halaman situsnya di https://www.jurnal.id/id/fitur/invoice-faktur/, adanya pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya. Kelebihan jurnal ini yaitu bisa diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa takut kesulitan menggunakannya.

Untuk free trial Anda bisa mencobanya selama 14 hari saja, dan setelah itu bisa berlangganan untuk mendapat fitur yang lebih lengkap.

2. Free Invoice Maker App

Aplikasi invoice terbaik yang berikutnya yaitu Free Invoice Maker App, aplikasi invoice gratis ini dipercaya lebih dari 600,000 pebisnis kecil dan juga freelancer di 179 negara. Dimana aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang bisa membantu dalam menjalankan bisni, sehingga sangat cocok digunakan siapa saja mulai dari pebisnis kecil dan juga pebisnis skala besar.

3. Invoice & Quotation

Berikutnya ada aplikasi invoice yang bernama Invoice & Quotation. Aplikasi buatan Bookipi ini hadir dengan fitur yang serba multi guna, dimana Anda dapat membuat dan mengelola invoice dengan mudah.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka dapat meminta pembeli untuk memberikan tanda tangan dengan mudah melalui aplikasi ataupun email. Dan Secara otomatis akan tersimpan di penyimpanan awan.

Dan, Anda bisa mengirim struk penjualan kepada pembeli dengan menggunakan salah satu fitur aplikasi ini. Kelebihannya yaitu:

● Dapat menerima tanda tangan pembeli dalam aplikasi.
● Halaman yang terorganisir.
● Anda bisa mengirim struk ke pembeli.
● Anda bisa menerapkan surcharge di dalam aplikasi, jika pembeli bayar dengan kredit card.
● Mengingatkan pembeli jika bayarnya terlambat, dan lain-lain.

4. Invoice Maker & Billing App

Selanjutnya ada Invoice Maker & Billing App, aplikasi yang digunakan untuk pembuat invoice, dan sebagai dokumen penjualan lain, seperti kwitansi, faktur proforma hingga purchase orders.

Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal memasukkan item barang saja, dan secara otomatis aplikasi segera memprosesnya. Dimana, aplikasi ini bisa memberikan fungsi penyimpanan dan cadangan otomatis supaya data bisa tertata rapi.

Selain itu, ada fitur lain juga mendukung aplikasi ini, berikut selengkapnya:
● Tersedia 100 template
● Bisa menambahkan logo bisnis
● Metode pembayaran bisa menggunakan paypal atau stripe
Support dokumen pdf dalam berbagai bahasa, dan lain-lain.

5. Invoice Temple ( Invoice, Billing And Estimations )

Invoice Temple menjadi salah satu aplikasi invoice untuk membuat invoice dengan mudah, dan hanya dalam hitungan menit sudah jadi. Aplikasi ini bisa digunakan untuk para pelaku UKM yang masih awam dalam membuat invoice dan kwitansi.

Dan juga, aplikasi buatan Tapdir Apps juga dibekali dengan fitur penambahan logo bisnis, nomor faktur, penyesuaian font dan tema, juga bisa menambahkan tanda tangan dan banyak lagi lainnya.

Juga terdapat fitur lain yang mendukung aplikasi ini, antara lain:
● Kompatibel dengan sistem pajak, seperti PPN, IGST, CGST.
● Mendapat jumlah laporan dari jumlah faktur, tagihan oleh pembeli
● Dapat melihat dokumen lewat file PDF dan mengirimnya melalui email dan WhatsApp.

6. Receipt & Invoice

Jika Anda ingin memiliki aplikasi invoice dan kwitansi gratis dan mudah digunakan maka bisa mencoba aplikasi Receipt & Invoice. Aplikasi yang cukup sederhana, namun aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang bisa memudahkan dalam membuat catatan penjualan juga untuk membuat invoice.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, tentu dapat menambahkan beberapa komponen lain ke dalam invoice, seperti tanda tangan, pajak, diskon, foto dan hal yang lainya. Dimana dokumen yang sudah dibuat akan disimpan dalam bentuk file PDF atau Excel.

Fungsi aplikasi ini, di antaranya yaitu:
● Menghasilkan laporan PDF atau excel
● Membuat dan kirim tanda terima d PDF
● Membuat pajak inklusif atau eksklusif
● Tanda tangan pengguna dan klien juga lainnya.

7. Invoice Pro

Salah satu aplikasi invoice untuk yang menginginkan aplikasi offline dalam membuat invoice atau kwitansi maka bisa mencoba aplikasi invoice pro. Invoice Pro merupakan sebuah aplikasi buatan Invoice Pro yang sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengunduh sampai saat ini. Aplikasi ini bisa Anda gunakan di mana dan kapan saja, menariknya aplikasi ini tidak membutuhkan jaringan internet.

Hadir dengan tampilan antar muka yang intuitif dan mudah digunakan, pengguna akan lebih nyaman dengan fitur yang ada di dalamnya. Anda tinggal memasukkan data penjualan, otomatis mesin akan bekerja dengan sendirinya.

Fitur lain dari aplikasi ini meliputi antara lain:
● Menggunakan barcode
● Data aman
● Menyesuaikan mata uang
● Menyetel diskon.
● Dan menambahkan syarat juga ketentuan dalam bertransaksi.

8. Invoice King

Invoice King merupakan sebuah aplikasi invoice profesional yang berguna untuk UKM, kontraktor, juga Freelancer. Anda dapat membuat faktur data pengiriman lewat email dan juga WhatsApp. Invoice King juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan.

Fitur ini sangat membantu dalam proses jual beli seperti orientasi halaman, mengganti label, mencantumkan diskon dan pajak serta mendesain sesuai dengan keinginan penggunanya.

9. Free Invoice Generator

Zoho corporation membuat sebuah aplikasi khusus buat yang ingin membuat kwitansi dengan cara mudah. Ada tiga langkah mudah dalam membuat kwitansi dari aplikasi Free Invoice Generator ini. Langkahnya seperti, mencantumkan alamat bisnis Anda, alamat klien Anda, juga bisa share dan download dokumen yang dibuatkan tadi.

Namun aplikasi ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga mudah digunakan siapa saja. Karena prosesnya yang mudah hanya dengan menggunakan kuota kurang dari 3MB Anda sudah dapat menggunakan aplikasi ini.

10. Invoice PDF Free

Salah satu aplikasi invoice lainnya yang bisa digunakan yaitu invoice PDF free. Dimana invoice yang dibuat dengan aplikasi ini secara otomatis akan berformat PDF. Fitur lain yang juga cukup lengkap bisa membantu kebutuhan sebagai entrepreneur. Dan keunggulannya yaitu bisa digunakan secara offline sehingga bisa digunakan kapan saja. Dimana, ada juga fitur notifikasi online untuk meningkatkan klien ketika akan jatuh tempo.

11. Invoice & Quotation

Aplikasi invoice lainnya yang bisa membantu membuat tagihan dengan mudah yaitu Invoice&Quotation. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pengusaha pemula karena aksesnya yang cukup mudah dan memadai.

Orang yang menerima faktur ini bisa langsung menyetujui juga memberikan tanda tangannya melalui email atau aplikasi ini. Pengaturannya memungkinkan semua invoice yang dibuat langsung bisa tersimpan ke tempat penyimpanan online seperti Google Drive sehingga data transaksi bisnis lebih aman.

12. Invoice & Billing

Aplikasi ini menjadi aplikasi yang gratis dan ini bisa membantu membuat faktur yang tampilannya menarik yaitu dengan 3 pilihan template. Anda cukup mengisi informasi yang dibutuhkan seperti nama, alamat, dan produk yang ada di transaksi.

Setelah itu, tambahan lengkap mengenai jumlah produk, biaya dan pajak secara otomatis faktur berhasil dibuat. Tersedia pilihan untuk menyimpan faktur di aplikasi ini dan bisa mengunduhnya langsung. Dan bisa juga mengirimkannya langsung ke klien via email yang terkoneksi dengan aplikasi ini.

13. Zoho Invoice

Sebuah aplikasi penagihan invoice yang inovatif, Zoho Invoice dibuat untuk menyederhanakan proses penagihan untuk perusahaan kecil sampai menengah dan memungkinkan pengumpulan pembayaran dari satu platform yang terpadu. Dengan fitur- fitur dari Zoho Invoice yaitu:

  • Pengaturan bank otomatis dalam menyelaraskan operasi dengan peraturan
  • Opsi template invoice multibahasa dan multi mata uang
  • Jadwal faktur yang berulang
  • Portal klien kolaboratif untuk akses dan dukungan yang lebih baik
  • Kustomisasi tanda terima pembayaran

14. Invoicera

Aplikasi invoice invoicera mampu menjaga proses bisnis lebih mutakhir dengan memfasilitasi pembuatan faktur ketika bepergian, melacak biaya, menghitung jam yang dapat ditagih, dan penataan manajemen proyek. Dan fitur- fitur dari Invoicera yaitu:

  • Otomatisasi alur kerja yang disesuaikan
  • Menghasilkan dan mencetak laporan klien untuk analisis cepat
  • Dasbor aktivitas dengan pembaruan data waktu nyata
  • Pemberitahuan dan pengingat otomatis untuk pembayaran berulang
  • Integrasi akuntansi pihak ketiga

15. Billdu

Ini merupakan sebuah aplikasi invoice yang mudah digunakan dan berfungsi sebagai alat faktur untuk freelancer, akuntan, dan organisasi juga bisnis skala kecil. Billdu juga bisa melakukan kustomisasi template invoice tingkat tinggi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang holistik lewat fitur-fitur yang mumpuni. Dan fitur- fitur dari Billdu adalah:

  • Pengaturan otomatis biaya masuk berulang
  • Pembuatan dan pengeditan faktur
  • Estimasi lanjutan dan manajemen pesanan untuk efisiensi operasional
  • Kemampuan pelaporan bisnis dan dasbor intuitif
  • Dukungan multi-mata uang dan bahasa

16. InvoiceSimple

Aplikasi invoice lainnya yaitu InvoiceSimple merupakan alat multiguna yang bisa melakukan sejumlah fungsi, sehingga dapat menyederhanakan proses pembukuan juga akuntansi dalam dalam bisnis di segala skala. Dan fitur- fitur dari InvoiceSimple adalah:

  • Portal penagihan terpadu
  • Pemrosesan pembayaran dengan pengingat otomatis
  • Menjadwalkan faktur berulang
  • Integrasi beberapa gateway pembayaran
  • Pemasok dan manajemen pesanan pembelian

17. Wave

Wave yaitu sebuah aplikasi lunak invoice yang terintegrasi untuk bisnis kecil. Aplikasi ini dirancang untuk melayani perusahaan berskala kecil dan tidak terlalu banyak memiliki jumlah pegawai. Dan fitur- fitur dari Wave adalah:

  • Menyediakan software akuntansi gratis dengan arus kas yang mudah dikelola dan sangat aman
  • Antarmuka akuntansi yang terorganisir, aman dan akuntan
  • Memungkinkan Anda membuat faktur profesional dengan cepat tanpa biaya tambahan
  • Kirim faktur dari mana saja dengan aplikasi seluler Wave dan dapatkan juga pemberitahuan instan
  • Pindai tanda terima dengan ponsel Anda, tinjau, dan sinkronkan dengan akun Wave Anda

18. QuickBooks

Dengan antarmuka minimalis juga ramah digunakan, dimana sejumlah fitur penagihan dan akuntansi yang baik membuat QuickBooks menjadi aplikasi invoice populer. Dan fitur- fitur dari QuickBooks adalah:

  • Faktur invoice profesional yang bisa disesuaikan
  • Integrasi perbankan online untuk kelancaran transaksi
  • Opsi pelaporan lanjutan dan dasbor yang dapat dinavigasi
  • Manajemen arus kas melalui pembayaran berulang otomatis
  • Pelacakan waktu jam kerja karyawan

19. Chargebee

Chargebee merupakan sebuah aplikasi invoice atau penagihan berulang yang dibuat untuk SaaS dan bisnis eCommerce berbasis langganan. Dalam memaksimalkan proses pembayaran, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan gateway pembayaran di seluruh dunia. Dan fitur- fitur dari Chargebee adalah:

  • Faktur otomatis dan manajemen penyelewengan untuk menyederhanakan proses penagihan
  • Portal pelanggan dan halaman pembayaran responsif dengan tema dan bidang yang dapat disesuaikan
  • Chargebee menyediakan manajemen langganan dengan fitur tagihan terukur untuk membantu pelanggan hanya membayar untuk penggunaan mereka
  • Memberikan laporan wawasan tentang semua metrik yang memberi Anda detail komprehensif tentang bisnis Anda
  • Beberapa opsi pembayaran yang mencakup pembayaran offline, uang tunai, cek, dan lainnya

20. PaySimple

PaySimple menjadi salah satu aplikasi invoice yang dibuat untuk mengubah penerimaan pembayaran, penagihan, dan manajemen pembeli. Dan fitur- fitur dari PaySimple adalah:

  • Opsi pembayaran dengan penagihan berulang, pembayaran instan, pembayaran ACH, dan pemrosesan eCheck, dll.
  • Alat manajemen interaktif dengan dasbor, penyelesaian sengketa, entri pembayaran manual, dan entri waktu pembayaran
  • Administrasi menjadi mudah dengan manajemen pengguna, manajemen peran, dan alat manajemen akses
  • Lingkungan yang aman dengan otentikasi dua faktor dan alat manajemen anti penipuan
  • PaySimple menjadi salah satu platform dengan hasil yang handal dan berkinerja tinggi
    Dan, itulah bahasan mengenai 20 Rekomendasi Aplikasi Invoice Terbaik 2021, semoga menjadi manfaat.*