GRESIK – Meski tanpa sentuhan bantuan pemerintah, Pemerintah Desa (Pemdes) Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, terus berinovasi di tengah pandemi. Kini, setelah sukses bangun wisata Setigi, Pemdes setempat bergotong royong guyub rukun bersama warganya tengah membangun agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI) yang bakal dilaunching pada 02 Februari 2022.

Yang membuatnya lebih menarik lagi, rencananya di Agro wisata KPI ini juga akan dibangun sebuah Monumen yang diberi nama “Ratu Agro”. Tujuannya agar para pengunjung mudah mengingat agrowisata KPI dan bisa menggugah semangat pengunjung.

“Dengan mengucap Bismillah, semoga diberikan kelancaran semuanya, mohon doa restunya untuk Agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI) Sekapuk akan dibangun sebuah monumen dengan nama Ratu Agro,” ungkap Kades Sekapuk Abdul Halim (AHA), Senin (6/9/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Kades AHA juga menjelaskan arti nama Ratu Agro, yaitu ‘Ratu’ merujuk pada dua hal, yakni wanita yang memimpin atau istri pemimpin. Namun, maksud Ratu Agro di sini dengan harapan wisata ini bisa menyajikan kecantikan tata ruang dan keanggunan taman yang tertata rapi agar pengunjung lebih santai.

Sedangkan, ‘Agro’ memiliki arti tanah, dengan harapan agar semangat masyarakat dan pengunjung membuat tanah yang tengah dibangun Pemdes Sekapuk ini bisa lebih produktif dan bermanfaat dari sebelumnya.

“Jangan lupa doa dan dukungannya semoga kami bisa menuntaskan apa yang jadi harapan dalam meningkatkan potensi desa dan SDM yang ada. Bismillah, Agrowisata KPI akan memiliki spot foto dengan sebutan “Monumen Ratu Agro”. Mari terus bangkit para petani-pekebun tangguh, semoga negeri tercinta segera pulih kesehatannya,” tandas Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini.

Untuk diketahui, selain untuk mengatasi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan baru, KPI juga menjadi wisata edukasi di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Dan menarik lagi, jika Allah meridhoi, KPI nanti juga akan menjadi penghasil buah durian yang diberi nama “Duren Lemah Abang”. (*)