LENSAINDONESIA.COM: Percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Jombang terus digenjot dengan sasaran kelompok masyarakat di berbagai tempat. Kali ini, vaksinasi menyasar tempat ibadah yaitu Klenteng Tri Dharma Hok Liong Kiong.

Sebanyak 300 dosis vaksin jenis sinovac telah disiapkan untuk para jemaat klenteng dan masyarakat sekitar tempat peribadatan tersebut.

“Semoga kegiatan vaksinasi berjalan aman, teratur, lancar, tetap sesuai Protokol Kesehatan,” kata Bupati Mundjidah didampingi Forkopimda kepada lensaindonesia.com usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di klenteng Hok Liong Kiong, Senin (06/09/2021).

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat bahu membahu dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Jombang, terlebih kepada jajaran Polres Jombang atas kepeduliannya memfasilitasi vaksinasi di rumah ibadah Tri Dharma tersebut.

“Vaksinasi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19,” imbuhnya.

Ditegaskannya, peran serta tokoh dari berbagai agama sangat dibutuhkan pemerintah dalam mensukseskan program vaksinasi nasional demi terwujudnya herd immunity (kekebalan kelompok) di Indonesia khususnya di wilayah Jombang.

Melalui kegiatan vaksinasi ini diharapkan jumlah warga Jombang yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 akan semakin bertambah. Persentase vaksin di Kabupaten Jombang Dosis 1 mencapai 60,2%, sedangkan dosis 2 berjumlah 38,5% dan dosis 3 sebanyak 0,4%.

“Semoga Kabupaten Jombang yang sudah zona kuning ini, levelnya segera turun ke level 2, dan segera menjadi zona hijau,” harapnya.

Pihaknya juga menyebut bahwa untuk menggenjot percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Jombang, pada tanggal 9-10 September 2021 akan dilaksanakan pada kegiatan Bulaga (Bupati Melayani Warga) di Kecamatan Tembelang dengan target vaksinasi 12 ribu dosis.

Ia juga mengingatkan supaya masyarakat tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi aktifitas diluar dan ikuti vaksinasi di tempat-tempat yang telah disediakan.

“Pakai masker, selalu pakai masker, patuhi protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi,” tegasnya.

Sementara, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan percepatan vaksinasi nasional ini sesuai dengan instruksi Presiden. Dan hari ini telah dilaksanakan di tempat ibadah dengan 300 orang yang telah divaksin. ”

Beberapa yang tidak lolos screening kesehatan hari ini, kami dari tim Polres akan mendatangi secara door to door ke rumah warga,” tambahnya.

Kapolres Jombang memastikan akan terus melakukan percepatan vaksinasi demi mencapai target nasional untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Dan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 70 persen.

“Nanti akan kita kejar yang dosis kedua. Saat ini kita masih menunggu vaksin dari pusat, untuk mengejar target vaksinasi dosis kedua,” pungkasnya.@Obi